Disertai Guyuran Hujan Pangdam VI /Mulawarman Tutup TMMD Ke 97 Tanbu

Penyerahan hasil kegiatan TMMD ke-97 Oleh Pangdam VI/Mulawarman

Obsesinews.com,Tanahbumbu– Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 97 Kodim 1022 Tanah Bumbu (Tanbu) yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) dipusatkan di Desa Tibarau Panjang Kecamatan Kusan Hulu yang dilaksanakan selama 30 hari dari tanggal 20 September sampai dengan 19 Oktober 2016 secara resmi di tutup, Rabu (19/10).

Upacara penutupan TMMD ke 97 dihadiri langsung oleh Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Johny L Tobing, Danrem 101/Antasari Kolonel Kav Yanuar Adil, Asisten Operasi Kasdam VI Mulawarman, Dandim 1022/Tanah Bumbu Letkol Inf Mustakim, Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming, Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), DPRD Tanbu, Danlanal Kotabaru, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah PD VI /Mulawarman,  Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Korem 101 PD VI/Mulawarman, Pimpinan Perusahaan BUMN, BUMD, Perusahaan Swasta, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, dan tamu undangan.

Upacara penutupan TMMD ke 97 Kodim 1022 Tanbu dilaksanakan di Lapangan Sepakbola  Kantor Desa Tibarau Panjang Kecamatan Kusan Hulu, Rabu (19/10) pagi bertindak selaku Inspektur Upacara Mayjen TNI Johny L Tobing.

Pangdam VI/Mulawarman Selaku Inspektur upacara

Dalam Upacara Penutupan TMMD ke 97 tersebut juga disampaikan Laporan Hasil Pelaksanaan TMMD oleh Dansatgas TMMD ke 97 serta dilaksanakan Penandatanganan Naskah Serah Terima oleh Dandim 1022 Tanah Bumbu dan Bupati Tanah Bumbu dengan diketahui oleh Pangdam VI / Mulawarman.

Selanjutnya dilakukan pelepasan tanda peserta TMMD ke 97 oleh Pangdam VI /Mulawarman sebagai tanda penutupan pelaksanaan TMMD ke 97 di Kabupaten Tanah Bumbu.

Amanat Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) yang dibacakan oleh  Inspektur Upacara, Mayjen TNI Johny L Tobing mengatakan kegiatan TMMD merupakan kegiatan bersama antara TNI, Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi bangsa.

Kegiatan bersama ini untuk meningkatkan percepatan pembangunan didaerah dengan membantu pemerintah daerah menyiapkan dan memperbaiki infrastruktur serta mengakselerasi program pemerintah daerah yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan.

Program TMMD ini telah dimulai sejak tahun 1980an dengan sebutan ABRI Masuk Desa atau AMD.  Program TMMD yang telah berlangsung selama kurang lebih 36 Tahun ini semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Menurutnya, pada tahun 2016, Program TMMD ke 97 telah menyelesaikan 166 sasaran fisik di seluruh Indonesia, berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang tersebar di berbagai wilayah kodam diantaranya pembangunan sarana transportasi berupa pembangunan jalan baru, peningkatan  jalan, betonisasi jalan, semenisasi serta penimbunan, pelebaran dan pengerasan jalan.

Selain itu TMMD Tahun 2016 juga melaksanakan pembangunan infrastruktur lainnya berupa pembangunan dan rehab jembatan, pembangunan  tanggul dan gorong-gorong, pembuatan poskamling, pembuatan sarana olahraga, serta renovasi dan pembangunan rumah ibadah dan termasuk juga sarana sanitasi dan pusat-pusat  kegiatan masyarakat.

Disamping  saran fisik,  juga telah diselesaikan sasaran non fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat tentang bela negara dan ketahanan nasional, pembangunan non fisik ini di lakukan dalam rangka memelihara dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat dalam menangkal beragam ancaman terhadap bangsa.

Oleh karena itu, TMMD merupakan salah satu upaya TNI dalam memperkuat dan memberdayakan pertahanan masyarakat sebagai potensi kekuatan wilayah.

Pada kesempatan itu pula, Pangdam VI Mulawarman menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya pada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu, karena dengan kerjasama dan kerja keras serta kesungguhan dari semua unsur maka kegiatan TMMD ini dapat terselengara dengan aman dan lancar sesuai dengan rencana.

Adapun hasil pelaksanaanTMMD ke 97 Tahun Anggaran 2016 KODIM 1022 Tanah Bumbu yang telah dilaksanakan  yaitu Sasaran Fisik  berupa  Peningkatan badan jalan Desa Tibarau Panjang sepanjang 5000 meter, Rehab Mushola Ar-Raudah Desa Tibarau Panjang, dan Bedah Rumah Warga sebanyak 4 unit di Desa Tibarau Panjang.

Sedangkan untuk sasaran non fisik yaitu Penyuluhan kesehatan, Penyuluhan pertanian perikanan dan peternakan, Penyuluhan bela negara, Penyuluhan hukum, Sosialisasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, Sosialisasi Undang-Undang  Karhutla, Kegiatan lomba dan keagamaan.

Sedangkan personil dilapangan yang terlibat yaitu TNI AD, TNI AL, TNI AU, Polri, dan Instansi Terkait Pemerintah Daerah.

Selanjutnya, selesai upacara penutupan kemudian dilaksanakan penyerahan hadiah kepada pemenang juara lomba olahraga. (Tim/red)

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply