Pulau Sewangi Gelar Mappanretasi “Ade Massorong”

Acara Adat Larung sesaji ke tengah Laut


Obsesinews.com, Tanah bumbu- Mampanretasi Bertema “Mari Kita Jaga Warisan, Lestarikan Budaya Dan Tanamkan Nilai- Nilai Kearifan Lokal” Kegiatan Tersebut Dilaksanakan Di Desa Pulau Sewangi Kecamatan Batulicin Kabupatenb Tanah bumbu, Kalimantan Selatan Berlangsung Meriah, Senin (24/10).

Dalam Kegiatan Yang dihadiri Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor beserta Istri, Wakil Ketua DPRD Tanbu H. Hasanuddin, Anggota Dprd Tanbu Syafruddin H.Maming, Samsisar dan Andi Erwin, Wakapolres Tanbu Kompol Nurhayat, Dandim 1022/Tnb diwakili Kapten Inf Agus Suhardiyono (Danramil Simpang empat),Danlanal Kotabaru -Tanah Bumbu diwakili Letda Laut Ismadi, Camat Batulicin Ibu Hj. Dradja Ati Aprianti, Kapolsek Batulicin Iptu Setiawan Malik, serta seluruh kepala Desa Se Batulicin dan Masyarakat sekitar.

Wakil Bupati Tanbu beserta Tamu undangan

Rangkaian kegiatan dimulai Pukul 09.00 dalam sambutannya Wakil Bupati Tanbu mengatakan,” selaku pribadi dan atas nama pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu saya menyambut baik dan gembira serta sangat mengapresiasi dengan dilaksanakannya upacara Adat ” Ade Massorong  Mapparentasi ” ini, karena proses adat ini merupakan salah satu khasanah seni budaya daerah yg sarat akan kearifan lokal dan hanya dimiliki oleh masyarakat Tanah Bumbu tak terkecuali Pulau Sewangi,”kata Wabub.
“Pelaksanaan proses adat ini secara Esensi adalah merupakan ungkapan sebagai wujud dari rasa syukur kepada Sang Pencipta Atas Limpahan Rejeki yang dirasakan oleh masyarakat nelayan pesisir pantai khususnya di daerah pulau Sewangi seni budaya yang kita miliki ini hendaknya dapat kita jaga dan lestarikan sehingga dapat terus berkembang maju dan mampu menjadi salah satu aset seni budaya daerah yang nantinya menjadi tujuan destinasi wisata bagi para wisatawan yang ingin menyaksikan prosesi adat ini untuk itulah pemerintah daerah melalu dinas prawisata Kab. Tanah Bumbu hingga saat ini terus berupaya serius mengembangkan dan menggali potensi keparawisataan di bumi bersujud.

“Yang kesemua itu diharapkan agar mampu turut mendorong peningkatan perekonomian daerah dan kesejahtrean masyarakat bumi bersujud sekaligus sebagai upaya dalam mendukung program Pemerintah di bidang pariwisataan yang tentu juga selaras dengan visi pembangunan Pemerintah Kab. Tanah Bumbu yaitu mewujudkan Kepirawisataan Tanah Bumbu terdepan di Kalimantan.

Ditambahkan,”Sebelum berakhir sambutan saya ini Bapak Bupati Mardani H. Maming meminta maaf sebesar – besarnya dikarenakan tidak bisa hadir karena ada hal lain yang tidak bisa ditinggalkan beliau hanya menitipkan pesan salam hangat kepada kita semua dan beliu juga mengucapkan selamat kepada seluruh warga masyarakat Pulau Sewangi atas dilaksanakannya upacara “Adat Ade Massorong Mappanretasi,” pungkas Sudian noor.

event yang dihadiri ratusan warga berlangsung sangat meriah sebagai penutup acara dilanjutkan kegiatan adat Larung sesaji ke tengah laut. (Tim/ red)

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply