Kodim 1022/Tnb Gelar Rakor UPSUS Guna Meningkatkan Serta Sukseskan Swasembada Pangan

Dandim 1022/Tnb bersama Dinas Pertanian, BP4K, dan Dinas Ketahanan Pangan

Obsesinews.com,Tanah bumbu- Dalam Rangka Percepatan Pencapaian Luas Tambah Tanam Di kabupaten Tanah Bumbu Kodim 1022/Tnb Menggelar Rapat Koordinasi Upaya Khusus Percepatan Pencapaian Luas Tambah Tanam(LTT) di Aula Kodim Tanbu Desa Sarigadung Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah bumbu, Kamis (24/11).
Dalam kegiatan tersebut Dihadiri Komandan Kodim 1022/Tnb Letkol Czi Andy Setyawan Kepala Dinas Pertanian yang diwakili Kabid Prasarana Ir.Lamijan, kepala BP4K Mustaim, dan Badan Ketahanan Pangan dihadiri Zainal Abidin, Distanpanak ( Petugas Upsus Tanbu) Andrie. J serta Puluhan PPL pertanian dan Danramil se Tanbu juga Babinsa se kabupaten Tanah Bumbu.

Letkol Czi Andy Setyawan memberikan pemaparan Upsus

Dalam Sambutannya Dandim 1022 Letkol Czi Andy Setyawan di depan para peserta Mengatakan,” Rakor ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari evaluasi Rakor Upsus tingkat Provinsi terkait pencapaian LTT di wilayah tanah bumbu, supaya Kita semua harus lebih intensif dan semangat dalam melakukan pendampingan kepada para Kelompok Tani baik para Babinsa, para PPL dan mantri Tani sebagai pejuang- pejuang Upsus harus adanya keterpaduan guna mencapai apa yg menjadi target pencapaian LTT di wilayah Tanah Bumbu guna mewujudkan swasembada pangan,”ungkap Dandim. 
Dijelaskan,” terkait Beberapa kendala dan permasalahan yg ada di lapangan agar diinventarisir baik oleh para Babinsa, PPL dan Mantri Tani guna dicarikan solusinya, kita harus bisa melakukan terobosan- terobosan secara swadaya guna membantu para petani dlm mengatasi permasalahan di lapangan, sehingga kita keluar dari aula kita sudah bisa merumuskan langkah2 yang harus diambil guna mengatasi permasalahan dilapangan,” Jelas Letkol Czi Andy.

Ditambahkan,”Mari kita bersama2 bulatkan tekad guna mewujudkan swasembada pangan dengan keikhlasan kita turun ke lapangan guna membantu petani.-Optimis memenuhi target maret biasa tercapai,” pungkas Dandim 1022/Tnb.

Para PPL, Babinsa se Kab. Tanbu serta tamu Undangan

Terpisah Kepala Dinas ketahanan Pangan Yang dihadiri Zainal Abidin mengatakan,”Bahwa Tahun 2016 Upsus luas tanam kita mencapai 25.330 Hektare, Jadi kita bersama akan rencanakan lagi untuk meningkatkan luas tanam pada tahun 2017 mensupport dan meningkat untuk target produksi kedepannya. Target produksi padi Kab. Tanbu diperbanyak menjadi 105.984 ton,”kata Zainal.
Kepala BP4K Kab. Tanbu Drs. H. Mustaing  juga menambahkan,” Dalam percepatan pencapaian luas tambah tanam (LTT) dapat dikoordinasikan dan pelaksanaannya kedepannya dengan rencana kerja penyelenggaraan dilapangan dapat lebih ditingkatkan agar bisa mensukseskan program Pemerintah di tingkat Kabupaten khususnya Kab. Tanbu,”Ungkapnya.

Dari Dinas Pertanian yang diwakili Kabid Sarana Prasarana Ir Lamijan memaparkan,” terkait alsintan telah disalurkan 103 Unit Traktor, Unit Combine  harvester (mesin perontok Padi), 4 Unit mesin tanam ( Rice Tranplanter) dan juga bantuan alsintan dari Pemkab.Tanbu, Sarana Prasarana agar dapat meningkatkan produksi pertanian dan harapannya dapat mencapai sasaran meningkatkan program pemerintah pusat dalam upaya swasembada pangan di wilayah Kab.Tanbu,”Jelas Lamijan.

Dalam peningkatan swasembada Pangan Kodim 1022/Tnb yang terlibat secara langsung maka dalam kegiatan ini 
Meminta seluruh jajaran yang hadir merencanakan kegiatan apa yg bisa di kerjakan buat peningkatan infrastruktur pertanian dan membantu petani dalam peningkatan swasembada pangan di wilayah Tanah Bumbu. (Red)

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply