​8 Kecamatan Di Jombang Terendam Banjir.

Banjir Melanda Kabupaten Jombang

Obsesinews.com,Jombang- Sejumlah Desa Di 8 Kecamatan Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Terendam Banjir Akibat Intensitas Hujan Yang Cukup Tinggi.
 Terkait bencana Banjir yang melanda Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang, Nur huda mengatakan,”Hujan turun sejak dini hari dan merendam rumah warga.

“BPBD Jombang mewaspadai 8 wilayah kecamatan di Jombang yang rentan terhadap bencana, “katanya.

Dijelaskan,” Ancaman bencana banjir dan tanah longsor bisa datang setiap saat menyusul intensitas hujan yang mulai tinggi dalam beberapa hari terakhir.

“Delapan kecamatan yang berstatus siaga itu masing-masing adalah Kecamatan Wonosalam, Bareng, Mojowarno, Mojoagung, Sumobito, Jombang, Tembelang dan Kesamben.

Banjir Kabupaten Jombang

“Siaga tanah longsor khususnya untuk wilayah Kecamatan Wonosalam dan Bareng, Keduanya sangat rentan mengingat kawasan tersebut terletak di lereng Gunung Arjuna, Selain itu juga ditemukan dua retakan tanah di gunung itu yang berpotensi longsor,” kata Kepala BPBD Kabupaten Jombang, Nur Huda, Sabtu (26/11).
Sementara wilayah yang berstatus siaga ancaman banjir meliputi Kecamatan Mojowarno, Mojoagung, Sumobito, Jombang Tembelang, dan Kesamben.”Di Kecamatan Mojowarno ada beberapa desa yang masuk diantaranya, Desa Mojowarno, Mojojejer, Selorejo, Catakgayam. Untuk kecamatan Mojoagung, Desa Kademangan, Gambiran serta Janti,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi kondisi darurat, lanjut Huda, BPBD telah menyiapkan semua peralatan dan personel yang siap terjun ke lapangan setiap saat jika dibutuhkan.

“Untuk Kabupaten Jombang semua peralatan tersedia, mulai dari perahu karet untuk evakuasi dan tenda pengungsi juga sudah tersedia, sehingga jika sewaktu-waktu diperlukan sudah siap,” papar Nur Huda.

Huda menambahkan”Terkait dana untuk pembiayaan operasi penanganan bencana, BPBD Kabupaten Jombang masih memiliki dana Rp. 500 juta dari total Rp. 700 juta yang sebelumnya disediakan.

“Selain itu kita juga masih punya dana cadangan di Pemerintah Kabupaten Jombang sebanyak Rp 1 milyar,”Pungkasnya. (kus/red)

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply