​Danramil 0810/04 Berbek Bekali WASBANG Pada Pelajar

Danramil 0810/04 Berbek Kapten Inf Surachmad memberikan materi Wawasan Kebangsaan

Obsesinews.com,Nganjuk-Dalam Rangka Mencegah Menurunnya Moralitas Bangsa Terutama Generasi Mudanya Dan Kaum Pelajar Sebagai Penerus Cita- Cita Bangsa Koramil 0810/04 Tanamkan Wawasan Kebangsaan Pada Siswa Siswi SMP Negeri 1 Berbek Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk, Jumat (16/12).
Dalam kegiatan tersebut dihadiri Kapten Inf Surachmad Danramil 0810/04 Berbek sebagai pembicara / pemberi materi, Kepala Sekolah, dewan Guru dan sekitar 250 orang siswa/siswi kelas VII dan IX SMP Negeri 1 Berbek.

Kepala sekolah ikut memberikan pemahaman tentang Wawasan Kebangsaan

Dalam kesempatan tersebut Kapten Inf Surachmad Danramil 0810/04 Berbek mengatakan,” bahwa Wawasan Kebangsaan merupakan pancaran falsafah ideologi suatu bangsa secara utuh menyeluruh, menjiwai perumusan kebijakan penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Selain itu Wawasan Kebangsaan ( Wasbang ) juga mencakup materi tentang kedisiplinan dan bela negara. 

“Adapun tujuan dari Wawasan Kebangsaan ( Wasbang ) tersebut adalah untuk mencegah terjadinya konflik berkepanjangan, krisis ekonomi, bangkitnya semangat fanatisme kedaerahan yang berlebihan yang mengakibatkan kehancuran bangsa, pudarnya nasionalisme dan tidak berperannya ideologi sebagai pemersatu bangsa,” lanjut Kapten Inf Surachmad Danramil 0810/04 Berbek dalam materinya.
Sementara itu menanggapi pertanyaan dari salah satu Dewan Guru SMP Negeri 1 Berbek tentang pemahaman Wawasan Kebangsaan ( Wasbang ) dalam kehidupan sehari-hari Kapten Inf Surachmad Danramil 0810/04 Berbek menjelaskan,” bahwa  pemahaman Wawasan Kebangsaan ( Wasbang ) dalam kehidupan sehari-hari bisa berupa menghayati kondisi tanah air sebagai wujud cinta tanah air, patriotisme / rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara sebagai wujud bela negara, toleransi antar umat beragama sebagai wujud menghormati perbedaan dan kepedulian antar sesama sebagai wujud nilai gotong royong, jelas Kapten inf Surachmad Danramil 0810/04.(kus/ red)

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply