​Bupati Beserta Unsur Muspida Kab. Madiun Lantik 603 Siswa Taruna Angkata VI SMKN I Wonoasri

Bupati Madiun Melantik Siswa Taruna SMKN I

Obsesinews.com, Madiun- Bupati Madiun H. Muhtarom, S.Sos Melantik Taruna Angkatan VI SMKN I Wonoasri Ditandai Dengan Pemasangan Tanda Pangkat Dilanjutkan Dengan Menyiramkan Air Kembang Disaksikan Oleh Jajaran Kodim 0803 Madiun, Polres Madiun, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah bersama jajarannya serta undangan dan pelajar SMKN I Wonoasri Di Alun- Alun Melayani,Sabtu (17/12).

Dandim 0803 Madiun dalam Acara pelantikan Siswa Taruna SMKN I

Kepala Sekolah SMKN I Wonoasri Sudarman dalam laporanya mengatakan,” bahwa sebelum dilantik pada hari ini, seluruh anggota Taruna telah mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Dasar selama 6 bulan yang tujuannya untuk membentuk mindset dan karakter Taruna agar menjadi Taruna yang sehat, kuat, disiplin, dan berkarakter serta beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai tujuan Pendidikan Nasional dan tujuan SMK,”katanya.

Dijelaskan,” bahwa jumlah Taruna yang dilantik pada hari ini sebanyak 603 siswa dari kelas X. Mereka telah mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Dasar sejak bulan Agustus 2016 hingga Desember 2016. 

Pelatih yang dilibatkan berasal dari Koramil Wonoasri, Kodim 0803 Madiun, Polsek Wonoasri dan Polres Madiun Kabupaten dan Guru Pembina Taruna. 
Selama mengikuti pelatihan para Taruna ini mendapatkan pelajatan tentang : Peraturan lalu Lintas, Pencegahan Kenakalan Remaja, Kesamaptaan, PBB, Long Merch, Paskibra, Kerohanian, Caraka Malam, Kesehatan, Pembinaan Mental, Bela Negara dan Cinta Tanah Air, Seni Budaya dan Kewirausahaan, Pertahanan Batalyon dan leadership, Beladiri Militer, Senam Balok, kekompakan/Jiwa korsa.

Kapolres Madiun dalam kegiatan pelantikan Siswa Taruna SMKN I

Bupati Madiun H. muhtarom, S.Sos dalam sambutannya antara lain mengatakan,” bahwa pendidikan katarunaan sangat sarat dengan pendidikan karakter yang diharapkan dapat mencetak taruna yang siap mempertahankan empat pilar karakter bangsa Indonesia yaitu : Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI melalui latihan fisik, perilaku, sikap sosial, disiplin, kepemimpinan, ketaatan beribadah serta penguasaan ketrampilan. Karena diera globalisasi ini berbekal pandai saja tidak cukup tetapi juga diperlukan karakter yang bagus. Para orang tua hendaknya juga bias menjadi tauladan bagi putra putrinya, karena apapun yang dilakukan orang tua akan dperhatikan oleh anak-anak kita. Berikan contoh dan kebiasaan yang baik pada anak kita,”ungkap Bupati.

Ditambahkan,” Dia berharap agar setalah dilantik menjadi Taruna – Taruni para palajar ini bisa menjadi manusia yang berkepribadian, berbudi pekerti luhur, disiplin dalam kehidupan serta bertaqwa kepala Alloh, SWT. Kuasai keterampilan yang telah diberikan dan terapkan pengetahuan sesuai kompetensi di masyarakat serta selalu inovatif dan kreatif dalam berfikir supaya menjadi penerus bangsa dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat kab. Madiun. Agar apa yang diterima saat mengikuti Diklatsar tidak sia-sia , diharapkan para anggota Taruna-taruni ini membentuk komunitas untuk salin tukar infomasi/pengalaman,”jelasnya.
Diingatkan pula,”bahwa tantangan saat ini dan kedepan kehidupan  kita semakin berat. Untuk itu kita harus hati-hati. Jangan sampai kita terjebak dengan yang namanya Narkoba atau sejenisnya. Karena kalau sampai terjebak maka habis masa depan kita,”pungkas H.Muhtarom.(Rel/ red)

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply