Besinergi Tanam 900 Bibit Sengon Di Waduk Kedungsengon Gondang Nganjuk

*Perum Perhutani KPH Jombang Petak 204 RPH Nganjuk Komitmen Menjaga Kelestarian Ala

Kegiatan Hari menanam pohon Indonesia Kab. Nganjuk


Obsesinews.com, Nganjuk- Pencanangan Penanaman 10.000 Pohon Dalam Rangka Hari Menanam Pohon Indonesia (OBIT) Dan Bulan Menanam Nasional Serta Perempuan Tanam Dan Pelihara Pohon di Kabupaten Nganjuk Laksanakan Penanaman Bibit Pohon di Waduk Kedungsengon Desa Balonggebang Kecamatan Gondang Nganjuk, Sabtu (17/12).

Acara Bertajuk Penanaman bersama sempadam waduk Kedungsengon yang diikuti sekitar 100 orang terdiri dari (AMD Jombang), KPH Nganjuk, KPH Gondang, KPH Ngujung, Warga Pencak Silat Setia Hati Ternate (PSHT) Ranting Gondang Serta masyarakat sekitar Waduk yang menjadi tempat penampungan air bagi penduduk di sekitar desa disaat musim kemarau ini menjadi pusat acara HMPI dan bulan menanam nasional 2016 di Kabupaten Nganjuk.

Sebelum acara kegiatan penanaman pohon

Yohanes eka (wakil ADM Jombang), mengatakan,”bahwa agenda tahunan ini juga merupakan agenda tahunan nasional. 
“Dipilihnya Waduk Kedungsengon Gondang ini sebagai pusat penananam pohon karena disamping akses yang bisa dijangkau oleh seluruh masyarakat, tempat ini merupakan sumur bagi warga sekitar untuk mengairi sawah saat musim kemarau. 

“Oleh karena itu sebagai upaya untuk menjaga kelestarian alam yang ada di sekeliling waduk maka perlu adanya tindakan reboisasi,”Katanya.

“Kebiasaan menanam pohon sudah ada sejak dulu manakala setiap pria dan wanita yang akan melangsungkan pernikahan diharuskan menanam pohon 2 buah supaya kelak jika pohon sudah besar maka buahnya akan memberikan manfaat bagi mereka”, imbuhnya.
Sebelum memberikan sambutan, Yohanes eka terlebih dahulu melakukan penanaman pohon di sekitar waduk diikuti oleh seluruh KPH  yang ada di waduk tersebut. Dalam sambutannya Yohanes berpesan kepada semuanya untuk tidak henti-hentinya mejaga dan melestarikan alam di sekitar kita, semoga apa yang telah kita tanam hari ini bisa dilestarikan hingga kelak akan menghasikan keuntungan di kemudian hari. 

Apresiasi dan penghargaan kepada seluruh KPH, elemen masyarakat dan warga masyarakat tanpa terkecuali atas sinergitas, kepedulian dan upaya nyata dalam mendukung program penghijauan dan ikut melestarikan hutan dan lingkungan hidup. 

“Peran serta Perum Perhutani KPH Nganjuk dan Jombang, para pimpinan perusahaan industry perkayuan, para pemerhati hutan termasuk LMDH sangat diperlukan dalam usaha ini”, tambah Yohanes.
Pada kesempatan tersebut wakil AMD Jombang Yohanes juga menyerahkan bantuan 900 bibit pohon sengon yang berasal dari Kebun Bibit Rakyat sebanyak 10.000 batang. (kus/red)

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply