​Kodim 0810/Nganjuk Bersama Instansi Terkait Gelar Rakor Penanggulangan Bencana

Suasana Koordinasi penanggulangan bencana Kodim 0810/Nganjuk


Obsesinews.com,Nganjuk – Kodim 0810/Nganjuk bersama instansi terkait gelar rakor penanggulangan bencana.di ruang rapat Makodim 0810/Nganjuk, Rabu ( 05/04 ). 

Dalam kegiatan tersebut dihadiri 20 orang perwakilan dari instansi terkait. Tampak pula hadir dalam rakor tersebut Letkol Arh Sri Rusyono S, S.E. Dandim 0810/Nganjuk, AKBP Drs. Joko Sadono, S.Ik, S.H.,M.H. Kapolres Nganjuk, Ir. Soekonjono, M.T. Kepala Pelaksana BPBD Kab. Nganjuk, H. Solihin Nasrudin Ketua FKUB Kab. Nganjuk, Drs. Abdul Wakid, M.M. Plt. Kepala Satpol PP Kab. Nganjuk dan Perwira Staf Kodim 0810/Nganjuk.
Dalam sambutannya Letkol Arh Sri Rusyono S, S.E. Dandim 0810/Nganjuk mengatakan, “ Rakor ini diselenggarakan dalam rangka persamaan langkah dalam penanggulangan bencana dan akan diselenggarakan dengan rutin secara bergantian dari instansi satu ke instansi yang lain sehingga terjalin soliditas dan kekompakan diantara kita,” kata Dandim 0810/Nganjuk. 
“ Selain itu setelah dilaksanakannya rakor ini diharapkan masing – masing bagian akan mengetahui tugas dan tanggung jawabnya masing – masing sehingga manakala terjadi bencana kita dapat dengan cepat dan tidak terlambat untuk memberikan pertolongan kepada korban bencana,” tegas Letkol Arh Sri Rusyono S, S.E.
Sementara itu pada kesempatan berikutnya AKBP Drs. Joko Sadono, S.Ik, S.H.,M.H. Kapolres Nganjuk mengatakan, “ Dengan diadakannya rakor seperti ini maka kita akan mengetahui potensi sarana dan prasarana masing – masing bagian. Karena tugas penanggulangan bencana bukan hanya menjadi tugas BPBD saja akan tetapi tugas kita bersama. Pada saat ini TNI – Polri juga tidak hanya bergerak dalam bidang pertahanan keamanan saja, akan tetapi pada semua bidang yang membutuhkan pertolongan. Dan Polres Nganjuk siap untuk menjadi tuan rumah pada rakor yang akan datang,” kata AKBP Drs. Joko Sadono, S.Ik, S.H.,M.H. Kapolres Nganjuk.
“ Menurut UU 24/2007 dijelaskan bahwa bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan/atau non -alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis,” jelas Ir. Soekonjono, M.T. Kepala Pelaksana BPBD Kab. Nganjuk pada kesempatan berikutnya.
Lebih lanjut Ir. Soekonjono, M.T. Kepala Pelaksana BPBD Kab. Nganjuk menerangkan, “ Secara tupoksi penanggulangan bencana merupakan tugas & tanggung jawab dari BPBD. Akan tetapi dalam pelaksanaannya tentunya tidak lepas dari peran serta seluruh instansi yang ada di daerah. Untuk itu dalam menanggulagi bencana hendaknya kita memperhatikan prinsip-prinsip dalam penanggulangan bencana yang meliputi pra bencana yaitu jauhkan masyarakat dari bencana dan jauhkan bencana dari masyarakat, tanggap darurat yaitu selamatkan lebih banyak korban dan pasca bencana yaitu membangun dengan lebih baik,” terang Ir. Soekonjono, M.T. Kepala Pelaksana BPBD Kab. Nganjuk.
Selain itu dalam sambutannya H. Solihin Nasrudin Ketua FKUB Kab. Nganjuk mengatakan, “ Terjadinya bencana tidak terlepas dari ulah manusia. Untuk itu guna menanggulangi terjadinya bencana FKUB Kab. Nganjuk akan melaksanakan penghijauan.”
 “ Untuk itu kami minta dukungan dari semua pihak yang hadir pada acara ini untuk turut serta mensukseskan penghijauan tersebut,” pungkas H. Solihin Nasrudin Ketua FKUB Kab. Nganjuk. ( ed’s810/ Red )

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply