Babinsa Kodim 1022-01 Latih Para Petani Desa Sarigadung Cara Pembuatan Pupuk Kompos

Babinsa Kodim 1022-01 Latih petani pembuatan pupuk kompos

Obsesinews.com, Tanah bumbu- Guna Mensiasati Pemakaian Pupuk Kimia Tentunya Menekan Biaya Pengeluaran Untuk Pembelian Pupuk Serda Khairi Babinsa Kodim 1022-01/SPE Melatih Para Petani Cara Membuat Pupuk Alami (kompos), Sabtu (20/5).
kegiatan tersebut tepatnya di laksanakan di Area Persawahan Yang terletak di RT.07 Desa Sarigadung, Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu dihadiri Pasi Ter Kodim 1022/Tnb Kapten Inf Mujiono juga beberapa Anggota Koramil 1022-01 Simpang Empat serta puluhan petani di desa Setempat.

Tampak Antusias puluhan petani mengikuti pelatihan pembuatan pupuk kompos yang dilakukan Serda Khairi sudah pasti selain bahan yang diperlukan bisa dengan mudah didapat serta proses pembuatanya sangat mudah.

Sebelum dilakukan Praktek Pembuatan para petani diberikan materi pembuatan secara lisan di sebuah gubuk disekitar area persawahan Desa Setempat.

Dalam Materinya Babinsa Serda Khairi di dampingi petugas PPL Pertanian setempat memaparkan,” cara pembuatan cukup mudah dengan mengumpulkan Kotoran hewan, sekam atau daun daun kering maupun basah yang berjatuhan Kemudian di rajang kecil- kecil kemudian campur percikan air bercampur EM.4 lalu bungkus campuran tersebut dengan terpal atau sejenisnya dan di tanam, setelah  sekitar satu minggu di bongkar dan sudah siap menjadi pupuk organik untuk segala tanaman,” jelas Serda Khairil.

Terpisah pasiTer Kodim 1022/Tnb Kapten Inf Mujiono mengatakan,” dengan diberikan pembekalan pembuatan pupuk diharapkan para pertani dapat memanfaatkan sekitar sehingga tidak bergantung pada pupuk Kimia saya dan tentunya akan mengurangi biaya pengeluaran untuk pembelian pupuk Kimia, dan bisa dialokasikan pada kebutuhan lainya,” tandas Kapten Inf Mujiono. (Red)

Share this Post :

Comments are closed.