Bupati Madiun Melepas Ribuan Benih Ikan

Bupati Madiun serahkan bibit ikan kepada petani

Obsesinews.com, Madiun- Bupati Madiun Dengan Didampingi Oleh Wabup, Ketua DPRD, Kabid Perikanan Prov. Jatim, Kasub Div  II Perum Jasa Tirta, berkenan menabur benih ikan di Waduk Widas (Waduk Bening) di Ds. Pajaran kec. Saradan sebanyak 80.000 benih ikan, Rabu (12/7).

Dalam sambutannya Bupati Madiun H. Muhtarom, S.Sos antara lain mengatakan,” bahwa program prioritas pembangunan di Kab. Madiun meliputi, pertanian, pendidikan, kesehatan, tenaga kerja dan keamanan wilayah. Dan dibidang pertanian ini termasuk pula pada perikanan. Kab. Madiun mempunyai potensi perikanan yang cukup besar diperikanan budidaya dan penangkapan pada perairan umum daratan. Dan waduk merupakan sumberdaya perikanan yang potensial untuk dikembangkan guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan protein hewani yang berasal dari ikan. Selain itu juga diharapkan mampu memberikan nilai tambah dan pendapatan masyarakat.

Bupati Madiun turut melepas bibit ikan

Diinformasikan, bahwa di Kab. Madiun luas waduk mencapai 91 hektar, sungai sepanjang 97,20 Km, dan genangan/embung seluas 92,382 meter persegi dengan pelaku utama sebanyak 859 orang dan mempu menghasilkan perikanan tangkap sebesar 501,4 ton. Jumlah waduk ada 5 , embung/segaran ada 7, kolam seluas 9.800 m persegi serta kali mati kec. Sawahan maka di Kab. Madiun menjadi potensi pengembangan sektor perikanan. Perlu diketahui pula, bahwa pada tahun 2015 produksi ikan di Kab. Madiun mencapai 3.110,26 ton dan pada tahun 2016 meningkat menjadi 3.282,66 ton, tetapi sayangnya tingkat konsumsi masyarakat masih belum tinggi atau baru mencapai 15 Kg. 


Pada kesempatan ini Bupati Madiun juga berkenan menyerahkan bantuan benih ikan kepada 4 kelompok tani ikan ( Mina Widas Makmur, Setyo Manunggal, Nila Mitra dan Mina Tani ) masing masing mendapatkan 80.000 ekor. Kepada para penerima bantuan Bupati Madiun H. Muhtarom, S.Sos berharap agar bantuan dapat dikelola dengan baik supaya bisa meningkatkan pendapatan dan bermanfaat meningkatkan potensi perikanan. Meski demikian Bupati meminta agar kelompok ini tetap memperhatikan kelestarian lingkungan dengan mentaati peraturan penangkapan ikan dengan menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan. (Rel/red)

Share this Post :

Comments are closed.