Diduga Puntung Rokok Akibatkan Kebakaran Hutan

    Ilustrasi Kebarakan Hutan

Obsesinews.com, Nganjuk – Musim Kemarau Yang Cukup Ekstrem Di Bulan September Ini Akibatkan Angin Bertiup Kencang Setiap Harinya. Hingga Akibat Terburuknya Terjadi Kebakaran Di Wilayah Hutan Wilangan Kabupaten Nganjuk, Senin (11/9).

Sekitar Pukul 14.30 WIB, terjadi kebakaran di area hutan RPH Sudimorogeneng, masuk Petak 5E BKPH Bagor di Desa Sudimoroharjo Kecamatan Wilangan Kabupaten Nganjuk. 3 (tiga) anggota Polisi Hutan (Polhut) yakni Ka RPH Sudimorogeneng Arjuno S (45) bersama 2 anggotanya, Budiono (45) dan HS Budianto (42), yang awalnya melaporkan kejadian kebakaran hutan di lokasi. Karena keterbatasan sarana dan fasilitas di lokasi kejadian, mereka bertiga dibantu personil Polsek Wilangan, diantaranya 3 mandor Perhutani dan 6 anggota LMDH (Lembaga Masyarakat Desa sekitar Hutan) bersama-sama memadamkan secara manual, digepyok  dengan alat pemadam kecil. Api dapat dipadamkan sekira pukul 17.15 WIB.

Penyebab kebakaran masih belum diketahui, dugaan sementara berasal dari puntung rokok pencari pakan ternak yang saat dibuang masih kondisi menyala. Total area yang terbakar seluas kurang lebih 3 Ha dengan total kerugian sekitar Rp 3.375.000,-. Karena yang terbakar masuk area kayu rimba (tanaman campuran/bukan jati).

“Terjadi kebakaran di area hutan Sudimorogeneng, namun tidak sampai  meluas karena anggota Polhut cepat tanggap dengan dibantu anggota Polsek dan warga bisa dipadamkan,” ungkap Kapolsek Wilangan AKP Sukarlin didampingi Kanit I SPKT Aiptu Sabar,SH dan KRPH Sudimorogeneng Arjuno saat ditemui “ObsesiNews” di sekitar lokasi. (Agg/red)

Share this Post :

Comments are closed.