Desa Al Kautsar Kecamatan Satui Dicanangkan Sebagai Kampung KB

Pencanangan Kampung KB Kab. Tanbu

Obsesinews.com, Tanah bumbu-Sebagai tindak lanjut instruksi Presiden RI. Kabupaten  Tanah Bumbu belum lama tadi  sudah mewujudkan pencanangan kampung KB di 6 Desa. Pencanangan kali ini  ditempatkan di  Dusun An Nur Desa Al Kautsar Kecamatan Satui Kamis (25/10).

Kegiatan tersebut di tandai dengan penandatangan  prasasti Kampung KB. Dalam hal ini di tanda tangani oleh Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat Setda Tanbu  Drs.H.Idjra’i bersama pihak perwakilan BKKBN Propinsi Kalimantan Selatan Eliya Rahmi. 


Drs.Idjra i  dalam sambutannya mengatakan,  pencanangan kampung KB bertujuan mengembalikan kaguyuban masyarakat dalam hal mengendalikan pertambahan penduduk dan seimbang  mulai dari  tingkat Desa maupun Kelurahan.


“Melalui kampung KB ini Pemerintah Daerah mengharapkan terciptanya  situasi keguyuban masyarakat desa menuju pengendalian pertumbuhan penduduk, sebab dengan  tingginya jumlah pertumbuhan penduduk akan berdampak pada kondisi ekonomi maupun kesejahteraan masyarakat,”jelasnya.


Dia menambahkan. Dampak  program KB sendiri dapat dirasakan oleh masyarakat, namun tidak dalam waktu dekat. 


“Memang sejauh ini dampak program kampung KB belum langsung dapat di rasakan, kerena butuh waktu 2 tahun hingga 3 tahun,maka itu pencanangan yang kita lakukan hari ini  adalah sebuah  proses untuk hasil yang lebih baik pada masa mendatangnya,”terangnya.


Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Keluarga Berencana  Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DKBP3A Kab.Tanbu). Narni SKM mengungkapkan.Kriteria desa yang dapat diikutsertakan dalam program kampung KB salahsatunya adalah metode perencanaan keluarga berencananya masih rendah.


“Syarat kampung KB ini adalah masih tingginya angka kelahiran,kurang pahamya tentang penggunaan alat kontrasepsi serta masih tingginya pernikahan usia muda,”tuturnya.


“Setelah nantinya sudah ditentukan desa yang akan dijadikan kampung KB, maka pihak kami akan segera turun ke Desa sasaran, guna membentuk kelompok pelayanan dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai kampung KB,”tutupnya.(rel/w/red)

Share this Post :

Comments are closed.