Guna Kelola Keuangan Lebih Efektif Dan Efesien Tanbu Terapkan SP2D Online

Plt. Sekda Tanbu Tandai Penerapan SP2D Online


Obsesinews.com,Tanah bumbu-  Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) dan Bank Kalsel  saat ini melakukan  terobosan baru menuju pengelolaan keuangan daerah yang   lebih efektif dan efesien.

Terobosan itu diwujudkan kedalam  sistem aplikasi SP2D secara online yang bertujuan memudahkan proses pencairan langsung dengan menggunakan browser tanpa harus datang ke Bank Kalsel.


“Dengan aplikasi SP2D ini proses pencairan tidak lagi menggunakan sistem manual dan  bisa di browser meskipun tidak datang ke kantor Bank Kalsel,”kata Plt. Sekda Ir.Erno Rudi Handoko dalam sambutannya pada  Launching Transaksi Non Tunai SP2D Online di halaman Kantor Bupati Jum at (27/10).


Ditempat terpisah. Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah  (BPKAD) Kab.Tanbu Roeswandi SalemS.Sos menyambut baik adanya sistem SP2D secara online tersebut. 

Selama ini ungkapnya, pemerintah daerah menggunakan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah (SIMDA) yang dikembangkan BPKP dan aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) yang di kembangkan Kementrian Dalam Negeri.

Menurutnya, kedua sistem tersebut cukup diintegrasikan dengan sistem SP2D Online Bank Kalsel melalui aplikasi interface yang akan memberikan keuntungan proses pencairan SP2D lebih cepat, akurat dan valid tanpa harus melakukan dua kali input pada dua aplikasi sitem diatas.

“Kalau sebelumnya dilakukan secara manual maka Bendahara Umum Daerah membawa dokumen SP2D datang ke Bank Kalsel untuk melakukan transaksi keuangan, selanjutnya dilakukan verifikasi sebelum pencairan,”tuturnya.

“Dengan SP2D Online, segala dokumen di kirimkan melalui jaringan internet dengan cepat,”terangnya.(rel/red)

Share this Post :

Comments are closed.