BPBD Tanbu Siapkan Masyarakat Desa Tangguh Bencana Karhutla

Kegiatan sosialisasi dan pencanangan desa Tanggap bencana Karhutla

Obsesinews.com, Tanah bumbu- BPBD Tanah Bumbu Gelar Sosialisasi dan Koordinasi Tingkat Kabupaten Ketangguhan Masyarakat Tangguh Bencana Karhutla Di Gedung PKK Kapet Desa Sarigadung Kecamatan Simpang empat Tanah bumbu, Rabu (6/12).

Dalam Kegiatan Tersebut dibuka oleh Bupati Tanah Bumbu yang diwakili Assisten III Drs.H. Mustaing Tampak Hadir perwakilan Kodim 1022/Tnb, Polres Tanbu, 4 kepala Desa beserta jajarannya, dan sebagai narasumber Kepala BPBD Tanbu Ir. Eka Safrudin serta Kabid Kesiapsiagaan Abdul Hamid.

Dalam Acara tersebut Dicanangkan empat Desa Sebagai pelopor Desa Tanggap bencana Kebakaran Hutan dan lahan diantaranya Desa Kersik Putih, Gunung tinggi, Simpang empat dan Sarigadung.

Dalam sambutannya Bupati Tanbu ketika membuka acara yang dibacakan oleh Assiten III Drs. Mustaing mengatakan,” pemeritah Tanah bumbu sangat mendukung dicanangkannya Masyarakat desa tersebut sebagai Pelopor Desa Tanggap Dan Siap menghadapi bencana Karhutla, tentunya kedepan diharapkan bisa menjadi contoh dan motivasi desa lainya dalam menangani bencana Karhutla,” Ungkap Mustaing.

Disela acara Kepala BPBD Ir. Eka Safrudin Ketika Ditemui Obsesinews.com mengatakan,” Pihaknya sebagai Instansi Yang menangani masalah yang berkaitan dengan Bencana sebisa mungkin akan mempersiapkan masyarakat desa tersebut dengan memberikan materi pelatihan dengan tujuan agar Masyarakat Desa tersebut mampu mandiri saat menghadapi bencana Karhutla di Desanya bahkan bisa membantu desa desa sekitar.

“Ditambahkan kedepan direncanakan agar desa lainya juga bisa disiapkan sebagai desa Tanggap bencana,” pungkas Eka Safrudin.

Terpisah Rahmatullah Khalik Kepala Desa Kersik putih mengapresiasi dan mendukung program tersebut.

“pihaknya telah menyiapkan 30 orang sebagai kader Tanggap bencana Karhutla yang akan mengikuti pembekalan dan pelatihan yang nantinya akan menularkan pengetahuanya kepada warga yang lain,” pungkas Rahmatullah. (Red)

Share this Post :

Comments are closed.