Bunyi Letusan Senjata Di Tengah Laut Tandai Berakhirnya Acara Mampanretasi 2018

Prosesi selamatan Di atas laut dalam acara penutupan Mampanretasi 2018


Obsesinews.com, Tanah bumbu- Puncak Perayaan Perta Adat Mapanreritasi 2018 Kembali Di Gelar Di Kawasan Pantai Pagatan Kecamatan Kusan Hilir, Minggu (29/04).

Sebuah kegiatan Budaya maritim masyakarat suku Bugis Pagatan itu turut dimeriahkan warga sertempat.
Hal itu ditandai dengan iring iringan puluhan kapal nelayan dikala rombongan Bupati Tanah Bumbu Mardani H. Maming dan rombongan Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor beserta tokoh adat menuju titik lokasi dilaksanakannya syukuran laut tersebut.
Prosesi yang berlangsung dalam kapal itu dimulai dengan sambutan tokoh adat kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil tangkapan para nelayan.
Kemudian acara itu dilakukan bunyi letusan senjata di tengah laut sebagai tanda berakhirnya acara syukuran dan dan doa selamat, kemudian dilanjutkan dengan  makan di atas laut.
Kata sambutan  Bupati sebelum acara dimulai, bahwa letusan senjata  ini mengingat pada jaman dahulu.Dimana para pendahulu disini juga menggunakan cara seperti itu.
“Mereka melakukan prosesi ke laut, setelah selesai doa selamat tembakan diletuskan, sehingga masyarakat nelayan yang ada di darat akan mendengar dan mereka langsung menghidangkan makanan kepada keluarga nya yang datang,”jelasnya.
Lebih lanjut dikatakan,” pada tradisi tahun dulu masyarakat disini kerap memberi makan tamu manapaun disaat puncak pesta laut ini. 
“Namun jaman telah berubah, justru seiring pertumbuhan penduduk dan kemajuan tekhnologi pesta ini menjadi tambahan ekonomi masyarakat dengan menyewakan rumahnya bagi wisatawan dari luar,” pungkasnya. (Rel/red)

Share this Post :

Comments are closed.