Koramil 1022-03/Khu Kodim 1022/TNB Gelar WASBANG Bela Negara Dan Cinta Tanah Air

Danramil 03/Khu Sebagai Narasumber Sosialisasi

Obsesinews.com, Tanah bumbu-Danramil 1022-03/Khu Kapten Inf Wahyono membekali Siswa siswi SMKN 1 Kusan Hulu Wawasan Kebangsaan, Bela Negara dan Cinta Tanah Air, Selasa (17/7). 

Kegiatan terebut dihadiri dewan guru SMKN 1 Kusan hulu Dan Ratusan Siswa siswi serta terselenggara atas permintaan pihak SMKN 1 Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu kepada Koramil 1022-03/Khu Kodim 1022/Tnb untuk membekali siswa siswi nya tentang wawasan kebangsaan Cinta Tanah Air dan Bela Negara. 

Sebagai nara sumber dalam acara tersebut Kapten Inf Wahyono dihadapan peserta,” mengatakan Bangsa Indonesia adalah bangsa yg besar yang terdiri dari beribu pulau besar dan kecil, bebagai suku, agama, budaya dan adat istiadat yang berbeda serta posisi strategis diantara 2 benua (Asia dan Afrika ) dan 2 samudra ( Hindia dan Pasific ) sehingga diperlukan wawasan yang berorientasi Nasional sebagai Landasan Konsepsional pemersatu bangsa,” kata Wahyono.


Lebih lanjut dijelaskan Ada 3 unsur dalam wawasan kebangsaan yaitu :

Rasa Kebangsaan ( perasaan rakyat, masyarakat, bangsa terhadap kondisi bangsa Indonesia dalam perjalanan menuju cita cita bangsa yaitu masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD ’45).

Paham Kebangsaan (Pemahaman rakyat dan masyarakat terhadap bangsa dan negara yang diploklamirkan Kemerdekaan 17 Agustus 1945 / Sejarah kelahiran bangsa dan bagaimana mewujudkan masa depan bangsa).

Semangat Kebangsaan  ( perpaduan antara rasa dan paham kebangsaan, motivasi untuk mempertahankan NKRI dan Pancasila sebagai dasar negara sehingga akan timbul jiwa kesetikawanan sosial , semangat rela berkorban dan jiwa patriotik),” papar Danramil 03/Khu.

Diakhir sosialisasinya Kapten Inf Wahyono menyampaikan beberapa attensinya kepada siswa siswi SMKN 1 Kusan Hulu diantaranya,”

Selalu tumbuh kembangkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan sehari hari termasuk juga dilingkungan sekolah.

Hayati dan pahami secara utuh butir butir wawasan kebangsaan ( Rasa , Paham dan Semangat )

Bina terus Semangat kebangsaan , Persatuan dan Kesatuan bangsa).

Hindari dan jauhi NARKOBA yang dapat merusak generasi bangsa .

Bijak dan tepat dalam menggunakan Media Sosial,” pungkanya. (Red)

Share this Post :

Comments are closed.