Arak Arakan Jukung ketupat Semarakan HUT Satui Ke- 355

Arak arakan jukung ketupat belamak HUT Satui ke – 355

Obsesinews.com, Tanah bumbu- Hari Jadi Satui ke 355 Tahun Disambut Meriah Masyarakat Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu, Senin (27/8).

HUT Satui ditandai dengan diaraknya ketupat belamak diiringi pawai dengan memakai pakaian adat dan daerah masing masing Desa yang ada di kecamatan Satui.

Penyerahan Tumpeng Dari tokoh Satui kepada Muspika Satui

Turut serta ikut arak arakan jukung ketupat dengan berjalan kaki sekitar tiga kilometer Camat Satui Ferdy Yospi, Kabag Sumda Polres Tanbu Kompol Ibnu, Danramil 1022-04/Satui Kapten Inf. Aris.PH. Kapolsek Akp. Apriansyah beserta seluruh jajaran, Unsur muspika Lainya dan sekitar 2000 lebih peserta pawai.

Pawai arak arakan ketupat belamak di mulai dari halaman Masjid Agung Raudatul Jannah dan sepanjang jalan disambut antusias oleh warga sekitar hingga sampai Finish dilapangan halaman kecamatan satui.

Suasana Prosesi berebut ketupat belamak di atas jukung yang diarak

Sesampainya di lapangan Kecamatan satui kegiatan dilanjutkan penyampaian Hikayat Satui Oleh Kades Satui, Sambutan Tokoh Masyarakat Satui, Camat Satui, Dan ditutup doa serta dirangkai Berebut ketupat belamak yang ada diatas 7 perahu jukung yang di arak tadi.

Suasana nampak meriah dengan kebersamaan dan kekompakan masyarakat satui cukup tinggi dengan ikatan kebhinekaan yang kenyal menggabarkan Indonesia Kuat Karena kuat dengan persatuan dan kesatuan dalam keranggka Bhineka Tunggal Ika.

Kemandirian serta kekompakan masyarakat Satui patut mendapat apresiasi, meski dengan kegiatan dilaksanakan dengan swadaya masyarakat saja namun bisa terlaksana dengan sangat meriah. (Red)

Share this Post :

Comments are closed.