Temuan Data Pemilih Ganda Capai Ribuan, KPUD Nganjuk Ubah DPT Pemilu 2019

Temuan Data Pemilih Ganda Capai Ribuan, KPUD Nganjuk Ubah DPT Pemilu 2019

Obsesinews.com, Nganjuk – Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Nganjuk berdasarkan data dari parpol peserta pemilu terhitung hingga Maret 2018 berjumlah 836.763 orang dari 859.511 pemilih, yang terindikasi sebagai pemilih data ganda.

Sementara dari Bawaslu menemukan 1.938 orang dan dari hasil pencermatan lebih teliti. Pihak KPU menyampaikan terdapat 1.867 data ganda, ditambah 283 pemilih yang TMS (Tidak Memenuhi Syarat), termasuk yang meninggal dunia pasca penetapan DPT. Sedangkan data yang dihapus sebanyak 1.179 orang karena berbagai sebab, seperti sudah masuk TNI/Polri.

Penyampaian indikasi adanya data ganda pada pemilih yang sudah masuk dalam DPT ini disampaikan dalam Rapat Pleno Terbuka di Aula Kantor KPU Kabupaten Nganjuk di Jl. Widas 01, Kelurahan Begadung, Kecamatan Kota, Kabupaten Nganjuk, Kamis (13/9) Pukul 10.00 Wib. Rapat pleno terbuka pagi itu dihadiri seluruh Komisioner KPU Nganjuk, diantaranya Kom. Bid. Hukum Yuda Harnanto, SH, MH; Bidang Teknis Pujiono, S.TP; Bidang Renja Muchiyin, S.TH., dan Bidang Keuangan dan Logistik Ir. Kustoyo.

Dalam acara yang juga dihadiri semua anggota PPK/PPS, Panwaslu dan dihadiri puluhan wartawan hingga mencapai quorum karena lebih dari 60%. Sayangnya, acara tersebut tidak dihadiri oleh ketua KPU Nganjuk, Agus Rahman Hakim karena  ada acara keluar kota. “Rapat Pleno Terbuka ini tetap ‘sah’ karena dihadiri orang melebihi quorum,” tukas Kom. Bid. Hukum Yuda, yang didampingi Sekretaris KPU Nganjuk Dedi Sutardi, SH. Sedangkan dari pihak Bawaslu Nganjuk masing-masing Abdul Syukur Junaedi, S.Ag; Fina Lutfiana, S.Pd dan Syafi’ul Anam, S.Pd, M.P. Dalam kesempatan itu pula telah disepakati untuk menerbitkan DPT Perubahan usai pencermatan bersama. (gung/red)

Share this Post :

Comments are closed.