Disinyalir Melonjaknya Penderita ISPA Bulurejo Dipicu Asap Pembakaran Arang

Proses pembakaran Arang di desa Bulurejo

Obsesinews.com, Tanah bumbu- Meningkatnya Pasien Penderita Inspeksi Saluran Pernafasan (Ispa) Yang Terjadi Di Desa Bulurejo Kecamatan Mantewe Kabupaten Tanah Bumbu Diduga Kuat Akibat Polusi Asap Pembakaran Arang.

Pasalnya, terdapat Lebih 100 tempat pengolahan Kayu menjadi arang dengan cara dibakar serta menimbulkan Asap dan lokasi pembakaran rata rata berada di pemukiman warga.

Kepala Desa Bulurejo Sriyono Bersama Perangkat Desa

“hampir setiap hari aparat Desa Bulurejo selalu menerima keluhan pengaduan warga setempat terkait pembakaran Arang yang mengakibatkan Asap,” kata Kades Bulurejo Ketika ditemui Obsesinews.com dikantornya, Rabu (17/10).

Lebih lanjut Sriyono dijelaskan,” terkait pengaduan warga tersebut pihak Desa akan menindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan para pengusaha Arang yang mana juga merupakan warga desa setempat.

“Mengingat produksi Arang juga merupakan mata pencaharian warga desanya, pihaknya berinisiatif akan menata lokasi pembakaran Arang harus di luar pemukiman Warga,” Kata Kades Bulurejo didampingi para perangkat Desa.

Terpisah, Kepala Bapedalda Kabupaten Tanah Bumbu Drs. Rahmadi ketika dihubungi Media mengatakan,” pihaknya juga sudah menerima laporan tersebut, Namun belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut karena besok Tim Bapedalda akan turun kelapangan dan melakukan kajian terkait Analisis Dampak Lingkunganya,” ungkapnya melalui Telepon, Rabu (17/10).

Untuk diketahui Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu Melalui Puskesmas mantewe Telah mengeluarkan Surat peringatan dini tertanggal 08 Oktober 2018 nomor 820/ 2624/X- 2018/Tu-Peg Terkait meningkatnya kunjungan pasien warga bulurejo yang didiagnosis menderita ISPA. (Red)

Share this Post :

Comments are closed.