BIB Bersama Pemkab Tanbu Gelar Tanam Pohon Peringati Hari Bumi

Obsesinews.com, Tanah bumbu- Memperingati Hari Bumi Sedunia Yang Jatuh Pada Tanggal 22 April 2019,PT Borneo Indo Bara (BIB) Bersama Pemerintah Daerah Dan Elemen Masyarakat Angsana Gelar Aksi Penanaman Pohon Di Desa Bunati, Kecamatan Angsana, Sabtu (27/4).

Yudha Hes,selaku Manager Enviro dan Reklamasi,PT BIB mengatakan, dalam rangka Hari Bumi tahun ini pihaknya melaksanakan sejumlah kegiatan.

Dia mengatakan,” khusus kegiatan penanaman pohon dilakukan di tiga titik,yakni di lingkungan sekolah, masjid dan langgar serta sepanjang jalan desa.

” Hari ini kita menanam sebanyak 260 pohon yang terdiri jenis trembesi dan pohon buah, jumlah ini akan terus kita tingkatkan hingga mencapai yang kita targetkan sebanyak 1000 pohon,”ungkapnya.

Senada dengan itu, Senior Manager CSR & External Relation PT. BIB, Dindin Makinudin mengatakan, penanaman pohon ini merupakan salah satu upaya dibidang pelestarian lingkungan sekitar, dia menambahkan khusus untuk pohon buah ada beberapa jenis diantaranya pohon nangka,cempedak dan jambu merah.

“Selain upaya penghijauan, kegiatan ini dalam rangka melestarikan tanaman buah lokal, dimana pelestarian tanaman buah lokal ini merupakan bagian dari konservasi,” ujarnya.

Selain itu juga, menurut Dindin tanaman buah lokal memiliki banyak manfaat, selain memiliki nilai ekonomis, tanaman ini masih bisa produktif sampai puluhan tahun, sehingga manfaatnya dapat terus dirasakan oleh generasi selanjutnya.

Ditempat yang sama Camat Kecamatan Angsana, Wahono, yang hadir dalam penanaman pohon ini mengatakan dirinya menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini, ia berharap kedepan perusahaan dapat terus meningkatkan jumlah maupun jenis dan lokasi penanaman pohon tersebut.

” Ini adalah bentuk sinergitas antara perusahaan, pemda dengan masyarakat, mudah mudahan masyarakat bisa ikut bersama sama memelihara pohon yang akan kita tanam hati ini,”ucapnya.

Sementara itu, perwakilan Manajemen PT Borneo Indo Bara, Riadi Simka Pinem, Selaku Kepala Teknik Tambang (KTT) perusahaan, mengatakan, penanaman pohon ini merupakan bagian dari program CSR perusahaan di bidang lingkungan, dimana salah satu pilar CSR perusahaan yakni fokus pada upaya pelestarian lingkungan melalui kegiatan penanaman dan penghijauan.

“Saat ini bumi tengah dalam ancaman besar berupa perubahan iklim. Bencana yang dulu hanya terjadi di beberapa wilayah kini mulai merata diseluruh wilayah, karena itu kegiatan ini merupakan upaya kecil yang bisa kita lakukan bersama dalam menjaga kelestarian lingkungan,” pungkasnya.

Aksi penanaman pohon ini juga diikuti para aparatur desa, masyarakat dan karyawan perusahaan.(***/red)

Share this Post :

Comments are closed.