Kodim 1022/Tnb Bersama Distan Tanbu Bentuk Posko Antisipasi Kekeringan

Obsesinews.com, Tanah bumbu- Dalam Rangka Tindak Lanjut Memo Of Understanding (MoU) Antara Kementerian Pertanian dan Kepala Staff Angkatan Darat (Kasad) Untuk Mengantisipasi Bencana Kekeringan Jelang Musim Kemarau Kodim 1022/Tanah Bumbu bersama Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Posko patroli kekeringan di Jalan Darma praja Nomer.7 komplek perkantoran Gunung tinggi Kecamatan Batulicin, Selasa (16/7).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Tanbu H. Sudian Nor, Dandim 1022/Tnb Letkol Czi Bintaro Joko Yulianto S.i.P, M han, Kapolres Tanbu diwakili Aiptu Suparman, Kadistan Setya Budi,Pasi Ter kodim Kapten Inf Aris PH, Pasi Ops Kodim Lettu Inf F. Sinaga, Para Danramil Kodim 1022/Tnb, Perwakilan BPTU Prov Kalsel, para Staff Dinas pertanian Tanbu, Camat, BPBD serta Babinsa Kodim 1022/Tnb.

Posko patroli kekeringan tersebut diresmikan secara langsung oleh Bupati Tanbu H. Sudian Noor

Kepala Dinas Pertanian Tanbu H. Setia Budi dalam sambutanya mengatakan,” Posko kekeringan ini dibentuk oleh Dinas Pertanian Kab Tanbu yang bekerjasama dengan Kodim 1022/Tanbu untuń∑ mengantisipasi lahan persawahan yang sempat terjadi kekeringan di sebagai Desa beberapa waktu yang lalu.

Namun sampai saat ini belum ada laporan status sawah di kabupaten Tanbu yang mengalami kekeringan, akan tetapi anggota yang tergabung dalam posko ini akan melakukan antisipasi sejak dini terhadap lahan persawahan yang rawan terjadi kekeringan khususnya memasuki musim kemarau ini,”jelas Setia Budi.

Dalam kesempatan terpisah Dandim 1022/Tanbu Letkol Czi Bintarto Joko Yulianto .S.I.P juga mengatakan,” Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Kerjasama (MoU) antara Kementrian Pertanian dengan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD).

“Menyusul pihaknya akan mengerahkan seluruh anggota TNI yang berada di Koramil melalui Babinsa untuk membantu Patroli Kekeringan,” katanya

Lanjutnya, selain tugas pokok TNI Menjaga keutuhan NKRI, tugas lainnya adalah ikut membantu pihak pemerintah seperti terlibat dalam kegiatan pertanian diantaranya pembukaan lahan, cocok tanam, hingga serapan gabah dan lain lain.

“Dengan kegiatan seperti disebutkan tadi bisa menunjang ketahanan pangan di daerah, yang nantinya akan membuat ketahanan Negara juga semakin kuat,”pungkas Bintarto. (Red)

Share this Post :

Comments are closed.