Dandim 1022/Tnb Giat lakukan Upaya Cegah Karhutla

Obsesinews.com, Tanah bumbu- Musim Kemarau Panjang yang terjadi pada Tahun 2019 ini berimbas pada tingginya tingkat kerawanan kebakaran hutan dan lahan yang juga terjadi di berbagai tempat.

Dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) jajaran Kodim 1022/Tnb aktif melakukan sosialisasi larangan membakar hutan maupun lahan saat warga melakukan persiapan penanaman ketika musim hujan tiba.

Jajaran kodim 1022/Tnb di pimpin langsung Oleh Dandim 1022/Tnb Letkol Czi Bintarto Joko Yulianto,SIP., M.Han mendatangi lokasi lokasi tempat berkumpulnya masyarakat baik di warung, maupun tempat stategis berkumpulnya warga dengan menempel selebaran maupun spanduk larangan melakukan pembakaran hutan atau lahan.

Samping jalan raya, pohon, pos kamling serta warung warung makan juga tidak luput sebagai sasaran menempel selebaran maupun spanduk himbauan larangan membakar hutan maupun lahan yang disitu juga memuat ancaman hukuman pidana bagi pelaku pembakar hutan.

Terkait kegiatan yang di gelar jajaranya tersebut Dandim 1022/ Tanah bumbu Letkol CZI Bintarto Joko Yulianto,SIP.,M.Han, Kamis (19/9) mengatakan,” hal tersebut dilakukan sesuai instruksi komando atas, dalam rangka mencegah sedini mungkin terjadinya kebakaran hutan/ lahan, dengan menanamkan kesadaran pada masyarakat melalui peringatan dengan spanduk, famlet, maupun selebaran yang ditempelkan dilokasi lokasi strategis.

“Pihaknya Tidak hanya memberikan himbauan melalui spanduk atau selebaran namun juga mendatangi tempat berkumpulnya masyarakat serta memberikan himbauan secara langsung selain jajaranya juga aktif melaksanakan patroli Karhutka secara rutin antisipasi kebakaran.

Pasalnya, dari hasil analisa kejadian pembakar lahan yang selama ini selalu di tempat yang susah di jangkau dan mayoritas lokasi terjadinya merupakan lahan terbuka,” pungkas,” Bintarto panggilan Akrab Dandim 1022/Tnb. (Red)

Share this Post :

Comments are closed.