TPID Kecamatan Karang Bintang Gelar Musyawarah Antar Desa (MAD 2)

TPID Kecamatan Karang Bintang Gelar Musyawarah Antar Desa (MAD 2)

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Tim Pelaksana Inovasi Desa(TPID) gelar musyawarah antar desa (MAD 2) di Aula Kecamatan Karang Bintang, Kamis(19/12).

Musyawarah tersebut dihadiri oleh unsur kecamatan, tenaga ahli pemerintah daerah kabupaten tanah bumbu, seluruh kepala desa, PLD PD dan tenaga pendamping desa.
Camat karang bintang Nor Hidayat SE.MM dalam sambutan nya menyampaikan,

“Inovasi itu tidak akan bisa ternilai, tidak akan bisa diihitung tanpa ada yang kita dapatkan inovasi itu adalah sebuah rancangan pemikiran atau pola pikir dalam bentuk masif ide ide nya di tuangkan dalam sebuah kegiatan sehingga kita laksanakan maka ada ukuran kinerja. Ukuran yang kemarin kita rencanakan pikirkan dan kita lakukan maka disitu ada nilai satu, nilai dua, nilai tiga setelah ada nilai menimbulkan suatu semangat kerja untuk mencapai satu tujuan tanpa itu tidak akan pernah mencapai sesuatu yang mendapatkan sebuah nilai
Inovasi,” ucapnya.

“Nilai inovasi tidak akan timbul tanpa di dukung oleh sesuatu yang mendasar yaitu dana. Program tahun depan 2020 apapun progamnya jika tidak didukung dengan anggaran maka tidak bisa kita mencapai suatu prestasi. Kerena sementara ini kita berorientasi adalah pembiayaan atau dana operasional sehingga kita bisa melakukan sesuatu yang mendapatkan sebuah inovasi,” tambahnya.

Ketua TPID kecamatan karang bintang Orin lestari menyampaikan hasil kegiatan TPID mulai dari anggaran Sampai pelaksanaannya.
“Salah satu kegiatan TPID yang di angkat agar nantinya di terapkan terus menerus di desa masing masing. Adapun kegiatan yang pertama musyawarah antar desa MAD 1, yang kedua kegiatan capsturing merupakan identifikasi inovasi di Desa Kecamatan Karang Bintang kemudian di verifikasi oleh tim inovasi desa pada kegiatan bursa inovasi desa hasil capsturing yang di dapat oleh tim TPID yaitu:
1. Inovasi bank sampah di desa manunggal.
2. Satu rumah menanam 10 pohon buah naga di Desa Pandansari.
3. Penyaringan air bersih menggunakan teknologi sederhana di Desa Madu Retno.
4. Inovasi Bumdes Pagasling di Desa Batulicin Irigasi,”.

“Kegiatan pelatihan PSDM tahun ini Kecamatan Karang Bintang masuk dalam fokus penanganan Stunting sehingga dibentuk KPM(Kader Pembangunan Manusia) di masing masing desa untuk melaksanakan konvergensi stunting di desa.
Kegiatan bursa inovasi desa di laksanakan secara klaster kecamatan karang bintang di gabung dengan kecamatan Mantewe yang dilaksanakan di Desa Btulicin irigasi,” jelasnya. (Andre/red)

Share this Post :

Comments are closed.