Saka Pramuka Sebagai Wadah Serta Pendidikan dan Pembinaan Calon Pempimpin Masa Depan

Ketua Kwarcab Pramuka Tanbu saat memberikan Sambutan

Obsesinews.com, Tanah bumbu- Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Tanah Bumbu H. Rooswandi Salem mengukuhkan pengurus Satuan Karya (SAKA) Tingkat Cabang di Gedung PKK kawasan Kapet Kecamatan Simpang Empat, Rabu (12/02/2020).

Kegiatan Pengukuhan Saka tingkat cabang tersebut bersamaan dengan pembukaan rapat kerja Cabang (Rakercab).

Dalam kesempatan tersebut Rooswandi Salem mengingatkan,” kepada para pengurus SAKA yang dilantik agar dapat menjalankan amanah dengan penuh tanggung jawab. Serta mampu meningkatkan eksistensi, dan mengembangkan SAKA di Kwarcab Tanah Bumbu.

Tujuan Pembentukan SAKA adalah, memberi wadah pendidikan dan pembinaan bagi para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat, kemampuan, dan pengalaman dalam bidang pengetahuan dan teknologi.

Ketua Kwarcab berharap, Pengurus SAKA tersebut dapat menjalankan amanah,
terutama dapat menjadi Garda terdepan dalam membentuk kaum muda, sebagai calon pemimpin masa depan Bangsa Indonesia dan daerah ini.

“Dengan demikian , kami berpesan kepada pengurus SAKA Tingkat Cabang yang dilantik dan dikukuhkan hari ini, agar dapat melaksanakan kegiatan Pelatihan di pangkalan Satuan Karya, guna memberikan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan di berbagai bidang dan inovasi, kepada Pramuka Penegak dan Pandega yang menjadi anggota SAKA. Sehingga nantinya, akan memacu kreativitas anggota pramuka untuk selalu inovatif dan produktif, berkarakter, dan berbudi pekerti luhur.”paparnya.

Dia menambahkan, Kepramukaan di Tanah Bumbu menjadi prioritas bersama, namun bukan hanya organisasi Pramuka, pemerintah pun meletakkan sasaran strategis dalam rangka pembinaan terhadap kaum muda yang ada di daerah ini.

Potensi yang dimiliki cukup banyak, disamping letak geografis disisi lain daerah ini memiliki sumberdaya manusia seperti para pemuda yang harus menjadi perhatian bersama.

Melalui Kepramukaan imbuhnya, apa yang sudah ditetapkan Presiden RI harus didukung bersama, kita dimana ditahun 2040 SDM Indonesia akan melampaui SDM dari negara Asean lainnya.

“Caranya bagaimana, kita harus membangun pondasi saat ini, kalau kita bisa memberikan edukasi seperti keterampilan dan pelatihan yang pas bagi anak muda semua agar terhindar dari kegiatan negatif ,dan kita pastikan pada 10 atau 20 tahun kedepan Tanah Bumbu akan memiliki SDM yang sangat berkualitas.” terangnya.

Diketahui SAKA Pramuka tingkat cabang yang dikukuhkan diantaranya, SAKA Wira Kartika, SAKA Bhayangkari, SAKA Bahari, SAKA Bhakti Husada, SAKA Wana Bhakti. SAKA POM (*/red)

Share this Post :

Comments are closed.