Semaraknya Bulan K3 Tahun 2020 PT. BIB dan Subkontraktor

GM HSE PT BIB Supandi  Bidang bersama KepalaMinerba ESDM Pemprov Kalsel Bambang Harjito

Obsesinews.com, Tanah bumbu – Semaraknya Penghujung bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) PT Borneo Indobara (BIB) Sinarmas Mining Group yang digelar di Kantor PT. BIB di Desa Angsana, Kecamatan Angsana, Tanah bumbu, Minggu (16/02/2020).

Pada peringatan bulan K3 2020 kali ini mengambil tema “Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya K3 pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi” kegiatan ditutup funrun serta pembagian doorprize dengan hiburan musik dengan mendatangkan Artis artis Surabaya.

Ketua panitia pelaksana Bulan K3 Adri Thanada

Sebelumnya beberapa rangkaian kegiatan Telah dilaksanakan sedangkan pada penutupan kali ini acara funrun yang diikuti sekitar 300 lebih peserta acara tersebutjuga melibatkan pelaku usaha kecil menengah (UKM).

Terkait acara tersebut Ketua Panitia Pelaksana bulan K3 PT. BIB group Adri Thanada dari PT. PPA salah satu Subkon BIB mengatakan,” kegiatan bulan K3 dilaksanakan mulai 12 Januari hingga 12 Februari 2020 diawali dengan upaca pembukaan. Sedangkan penutupan dilaksanakan, Minggu (16/2/2020),” Kata Adri.

Lebih lanjut dijelaskan,” setelah pembukaan acara dilanjutkan beberapa kegiatan berupa edukasi yang melibatkan internal perusahaan dan eksternal yakni masyarakat sekitar wilayah perusahaan.

Gerbang Start Funrun Bulan K3 PT BIB

Acara tersebut bertujuan memberikan pengetahuan atau pemahaman K3 masyarakat juga diberikan pelatihan basic pemadaman api khusus mereka berada di sekitar ring satu.

” Masyarakat juga dilatih cara penggunaan apar serta pemadaman api menggunakan kain ataupun pasir,” papar Adri.

Memeriahkan bulan K3 melalui Corporate Social Responsibility (CSR) PT.BIB, juga diselenggarakan sunatan massal yang diikuti 30 orang anak dari keluarga kurang mampu tinggal di sekitar perusahaan.

“Pihaknya juga mengajak masyarakat untuk hidup sehat dengan acara Funbike yang melibatkan kontraktor-kontraktor juga masyarakat sekitar, pesertanya mencapai 1.200 orang itu adalah acara kami paling besar. ” Ungkap Adri.

Puluhan mitra kerja yang ada di PT BIB kami rangkul untuk mendukung dan terlibat semua dalam kegiatan bulan K3 tersebut.

Khusus internal perusahaan beberapa kegiatan juga dilaksanakan antara lain implementasi SMKP (sistem manajemen keselamatan pertambangan), seminar SMKP oleh praktisi Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) berkaitan dengan workshop investigasi juga seminar narkoba pesertanya masyarakat dan karyawan khususnya bagian hauling, event lainya perusahaan juga mengundang dokter untuk meberikan seminar terkait mencegah dan kesiapsiagaan mengenai virus corona.

GM HSE PT BIB Supandi melaunching aplikasi I-F

Perusahaan juga memberikan pelatihan berkaitan skill rescue, sebagai persiapan jika terjadi bencana siap turun membantu tentunya perlu skill yang benar-benar mumpuni sedangkan Tim fire rescue PT BIB berkolaborasi dengan perusahaan sekitar, seperti Buma, PCN dan perusahaan lainya.

Selaras tema bulan K3 tahun ini yaitu berbasis teknologi 4.0. Maka perusahaan menpersiapkan satu unit komputer untuk perpustkaan digital yang akan dipasang di depan office PT. BIB.

PT BIB juga telah melaunching aplikasi I-F, sama dengan konteks informasi digital yang berisikan sistem informasi aplikasi baik android ataupun Iphone.

“Dimana memuat tentang K3 maupun laporan- laporan terkait bahaya,” pungkas Adri.

Terpisah GM HSE PT BIB Supandi ketika dikonfirmasi mengatakan,” pihaknya sangat berkomitmen terkait safety fist. Selain kebijakan, standar operasional prosedur (SOP) juga analisa keselamatan kerja.

Bambang Harjito Kabid Minerba ESDM Prov Kalsel

Top management memiliki komitmen sangar kuat untuk implementasi K3. Bahkan 2018 pihaknya telah mengantongi sertifikat ISO dan bisa dipertahankan sampai tahun ini.

“Berdasarkan rekam jejak, kita dari tahun ke tahun tren nya sangat positif. Walaupun produksi kita naik cukup cepat, tetapi kecelakaan kerja bisa ditekan,” ungkap Supandi.

Oleh sebab itu, K3 tidak bisa dipisahkan. Apalagi pemerintah juga sangat komitmen terkait K3. “Pasalnya, ketika ada kecelakaan kerja dan berakibat fatal maka seluruh operasional harus dihentikan. Tentunya kita memiliki resiko bisnis yang luar biasa. Sehingga manajemen sangat komitmen sekali untuk melaksanakan K3,” sambungnya.

Dengan kesadaran K3 kegiatan operasional akan berjalan dengan baik. “Karena keselamatan bagus, otomatis produksi akan tercapai,” pungkasnya.

Sementara Kepala Bidang Minerba ESDM Pemprov Kalsel Bambang Harjito, tidak hanya mangapresiasi kegiatan penutupan bulan K3 dilaksanakan PT BIB.

Menurut Bambang pelaksanaan bulan K3 merupakan program pemerintah khususnya Kementerian Ketenaga Kerjaan, mengangkat tema Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya K3 pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi.

Sesuai tema K3 tahun ini diharapkan perusahaan mulai merubah, dari manual ke arah teknologi berbasis IT.

“Bicara bulan K3, saya yakin alat-alat yang ada punya PT BIB besar-besar dan digital semua. Mau tidak mau itu dari sisi keamanannya lebih Ok, tapi harus dikontrol semua, serta pengawasan harus baik,” katanya saat mendampingi GM HSE PT BIB Supandi di ruang rapat kantor PT BIB

Lebih lanjut, sebab bagaimana pun juga ketika terjadi kecelakaan mau tidak mau pengawas yang jadi sasaran.

“Oleh sebab itu pengawas diminta juga harus kompetensi. kompetensi penting!,” Tandasnya. (Red)

 219 total views,  1 views today

Share this Post :

Comments are closed.