Jajaran Kodim 1022/Tnb Cukupi Kekurangan Stok Darah PMI Saat Pandemi Corona

Standart Pemeriksaan saat Pandemi Covid-19 bagi pendonor darah

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Mengatisipasi Kekurangan Persediaan Kantong Darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tanah Bumbu akibat wabah virus Covid-19, Jajaran Kodim 1022/Tanah Bumbu menggelar Bhakti sosial donor darah di Aula Makodim 1022/Tnb, Senin (06/04/2020).

Ibu ibu Persit turut donorkan darahnya

Kegiatan donor darah yang dilaksanakan oleh Kodim 1022/Tnb tersebut melibatkan langsung PMI Kabupaten Tanah Bumbu, seluruh anggota Kodim 1022/Tnb, Kompi Senapan B.623/Bwu, Subdempom Batulicin serta para ibu Persit Kartika Chandra Kirana.

Dandim 1022/Tnb bersama Ketua Cabang Persit Dim 1022/Tnb menyaksikan kegiatan bhakti sosial donor darah

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 1022/Tnb Letkol Czi Bintarto Joko Yulianto, SIP, M. Han beserta Ibu, Kasdim 1022/Tnb Mayor Kav M.Aminudin, PLH Pasi Ter kodim 1022/Tnb kapten Inf Sofyan Hardjono, Pasi Pers Kodim 1022/Tnb Kapten Inf Suhermansyah, Pasi Ops kodim 1022/Tnb Kapten Inf Yacob Pangala, Pa Sandi kodim 1022/Tnb Letda inf Nasution, Danki Senapan B yonif 623/Bwu Kapten Inf Pupun Punanjar, PLH Dansub Denpom VI/2-3 Batulicin Letda Cpm Rosikhin dan Petugas dari PMI Tanah Bumbu sebanyak 11 orang

Jajaran Kodim 1022/Tnb peserta Donor darah

Dandim 1022/Tanah Bumbu menyampaikan,” Kegiatan Donor darah sebenarnya rutin dilaksanakan 3 kali dalam setahun yang biasanya digelar pada saat menyambut hari-hari besar TNI. Namun karena situasi mendesak akibat PMI yang kekurangan stok darah maka pihaknya memajukan pelaksanaan kegiatan donor darah tersebut.

“Ia mentarget yang pada kegiatan pagi hari ini, kurang lebih bisa menyumbang sebanyak 30 kantong darah,” papar Bintarto.

“Diharapkan dari sumbangsih kami ini dapat bermanfaat bagi PMI pada khususnya dan seluruh warga masyarakat Tanah Bumbu terutama bagi yang membutuhkan darah,” pungkas Dandim 1022/Tnb.

Kegiatan donor darah tersebut juga berpedoman dengan standar prosedur dalam mencegah Covid-19. Terlihat para pendonor diwajibkan untuk mencuci tangan dengan sabun dan melakukan pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki ruangan serta jarak antar tempat tidur yang digunakan juga disusun agak berjauhan.

Kepala Markas PMI Tanbu Hariadi Muslim, SH sangat mengapresiasi dengan positif kegiatan tersebut.

“Alhamdulilah kegiatan hari ini sangat baik sekali. Karena adanya wabah Covid-19 mengakibatkan dampak negatif yaitu kita tidak dapat melakukan kegiatan donor keliling seperti yang PMI biasa lakukan. Kegiatan hari ini pun kita telah menerapkan social distancing dan sesuai dengan SOP yang telah diberlakukan oleh PMI Pusat.” Katanya.

Ia juga menghimbau agar masyarakat Tanah Bumbu untuk tidak takut membantu sesama dengan melakukan donor darah meskipun ada wabah Covid-19 ini.

“Karena Covid-19 tidak menular melalui donor darah, dan darah ini juga nantinya diproses melalui screening dulu di RSUD baru kemudian ditransfusikan kepada pasien yang membutuhkan.” Pungkas Hariadi. (Fer/red)

 297 total views,  1 views today

Share this Post :

Comments are closed.