WHO Ungkap Tiga Vaksin Corona Diuji Coba ke Manusia

Obsesinews.com, Jakarta- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa saat ini sedang dilakukan pengembangan 70 Vaksin Covid-9. Tiga di antaranya telah diuji coba ke manusia.

Dilansir South China Morning Post, satu vaksin diuji klinis oleh perusahaan CanSino Biologics Inc dan Beijing Institute of Biotechnology.

Bulan lalu, CanSino mengatakan pihaknya sudah menerima persetujuan dari China untuk memulai uji coba vaksin corona ke manusia. Inovio memulai percobaan manusianya minggu lalu.

Sedangkan dua vaksin lainnya, oleh produsen obat Amerika Serikat Moderna Inc dan Inovio Pharmaceuticals Inc, juga telah diujikan pada manusia, seperti rilis TIME, Selasa (14/4/2020).

WHO mengakui pengembangan Vaksin Covid-19 dilakukan dengan kecepatan luar biasa berpacu dengan waktu untuk menaklukan Covid-19 yang kini telah merenggut nyawa lebih dari 100 ribu orang.

Lebih dari 200 negara di dunia ini telah dibuat panik atas wabah Corona Viruse Diesse.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, memilih opsi menyediakan Vaksin untuk memerangi Covid-19. Menurutnya ketersediaan Vaksin merupakan cara paling efektif dalam upaya memutus rantai penularan Covid-19 di seluruh dunia.

“Keterhubungan global telah meningkatkan risiko penularan dan kebangkitan Covid-19 akan terus berlanjut,” kata Ghebreyesus dalam briefing virtual dari Jenewa yang dikutip AFP, Selasa (14/4/2020).

Beberapa perusahaan obat lainnya juga akan secepat mungkin menyelesaikan pembuatan vaksin.

Penggunaan kata “secepat mungkin” ini merujuk kebiasaan pengembangan vaksin membutuhkan waktu sekitar 10 hingga 15 tahun.

Menurut Ghebreyesus, dalam melawan pandemi Covid-19 akan relatif sulit jika hanya mengandalkan tindakan pengendalian seperti menjaga jarak maupun lockdown. Oleh sebab itu pihaknya mendorong percepatan Vaksin Covid-19

“Vaksin sangat diperlukan untuk menghentikan transmisi sepenuhnya” pungkas Ghebreyesus. (**/Red)

Share this Post :

Comments are closed.