Antisipasi Datangnya Kemarau Polres Tanbu Gelar Apel Kesiapan Karhutla

Kapolres Tanbu AKBP Sugianto Marweki, SIK. Memimpin langsung apel kesiapan Karhutla

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Dalam rangka mengantisipasi dan sebegai bentuk kesiapsiagaan menghadapi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu, Polres Tanah Bumbu menggelar Apel Gelar Pasukan di Halaman Polres Tanah Bumbu Jl. Bhayangkara KM.2 Kecamatan Simpang Empat, Jumat (05/06/2020).

Bertindak langsung sebagai inspektur pada apel tersebut Kapolres Tanah Bumbu AKBP Sugianto Marweki serta diikuti oleh jajaran Polres Tanah Bumbu dan perwakilan dari 10 Polsek yang ada di Tanah Bumbu sebagai peserta apel.

Kapolres Melakukan Pengecekan kesiapan peralatan Karhutla

Kapolres Tanah Bumbu AKBP Sugianto Marweki saat memberikan arahan mengatakan,“ kegiatan ini kita lakukan dalam rangka kesiapsiagaan kita, kita tahu bahwa musim hujan pada tahun ini hampir mendekati di penghujung dan berarti sebentar lagi kita akan memasuki musim kemarau.

“Oleh karena itu kita harus menyiapkan diri khususnya terkait sarana dan prasarana untuk menghadapi Karhutla. Meskipun alat yang ditampilkan bermacam-macam tetapi fungsi dan manfaatnya tetap harus sama untuk melawan dan memadamkan api,” ungkap Kapolres Tanbu.

Kapolres pada apel tersebut juga berkesempatan untuk melakukan peninjauan langsung terhadap perlengkapan dan peralatan yang dimiliki oleh setiap Polsek dalam menghadapi Karhutla. Kapolres juga berharap kepada pihak-pihak yang bertugas terkait penanggulangan Karhutla untuk terus mempersiapkan dan melengkapi peralatan yang belum dimiliki..

Seusai apel, Kabag Ops Polres Tanah Bumbu Yulianor Abdi saat ditemui rekan media juga menyampaikan,” Untuk personil yang nanti akan kita turunkan untuk kegiatan ini sesuai arahan Polda untuk perangkat ada 40 personil khusus di Polres Tanah Bumbu ditambah personil tambahan yang ada di 10 Polsek yang ada di Tanah Bumbu. Untuk internal Polres kami juga berencana akan membangun 11 posko siaga karhutla.”

“Kami menghimbau dan mengingatkan kepada masyarakat terkait musim kemarau yang sudah mulai tiba ini, jika nanti dirasa menemukan bencana terkait kebakaran dan hutan lahan agar apat berkoordinasi dengan kami. Nantinya juga akan kami sosialisasikan terkait posko dan juga call center yang dapat dihubungi,” pungkas Yulianor. (Fer/red)

Share this Post :

Comments are closed.