Danrem 101/Ant Bersama Fokompinda Prov Kalsel Kunjungi KTB Desa Batulicin Irigasi

Danrem 101/Ant besama Forkompida Kalsel menerima Laporan Kepala Desa Batulicin Irigasi

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Danrem 101/Antasari Brigjen Firmansyah beserta unsur Forkompinda Kalsel diantaranya Kapolda Kalsel Irjen Pol Dr. Nico Afinta SIK, SH, MH dan Asisten I Bidang Pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan Ir. H. Sugian Noorbah, mengadakan kunjungan kerja ke Kampung Tangguh Banua yang terletak di Desa Batulicin Irigasi, Kecamatan Karang Bintang, Kabupatnm Tanah Bumbu, Jumat (26/06/2020).

Kegiatan tersebut termasuk dalam rangkaian kegiatan yang dilakukan rombongan Danrem untuk memantau serta meninjau kesiapan Kampung Tangguh Banua yang ada di wilayah Provinsi Kalsel. Sehari sebelumnya, rombongan Danrem telah mengunjungi Kampung Tangguh Banua yang bertempat di Desa Mekarjaya Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu.

Kunjungan Danrem 101/ANT ke KTB Batulicin Irigasi

Setibanya di Desa Batulicin Irigasi, Danrem 101/Antasari beserta rombongan disambut langsung oleh Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor, Dandim 1022/Tanah Bumbu Letkol Czi Bintarto Joko Yulianto SIP, M,Han, Kapolres Tanah Bumbu AKBP Sugianto Marweki, S.I.K, M.H, beserta unsur Muspida dan Muspika, aparat desa, serta segenap tokoh masyarakat.

Dengan menggunakan sarana transportasi yang telah disediakan petugas setempat, rombongan Danrem melakukan peninjauan terhadap keadaan Desa Batulicin Irigasi bersama dengan Kepala Desa setempat.

Salah satu aspek yang ditinjau oleh rombongan Danrem yakni terkait dengan ketahanan pangan. Kebanyakan warga Desa Batulicin Irigasi sendiri telah memanfaatkan lahan pekarangan rumah sebagai sarana bercocok tanam. Sayur-sayuran, tanaman obat, serta umbi-umbian menjadi lumbung pangan bagi warga desa untuk mengantisipasi terjadinya kesulitan bahan pangan.

Kegiatan tersebut menunjukkan arti pentingnya seluruh elemen masyarakat untuk memiliki kesadaran dan rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap lingkungannya. Selain itu 3 pilar pemerintah yakni TNI, Polri, dan Pemda juga harus bisa bersinergi dan memberikan pembinaan yang baik bagi masyarakat sehingga pada akhirnya dalam konteks ini dapat terwujud sebuah Kampung Tangguh yang benar-benar tangguh. (Red)

Share this Post :

Comments are closed.