Kemenag Tanbu Gelar Bimtek Hisab Rukyat

Kepala Kemenag Tanbu H. Ahmad Kamal (atas) Wakil Bupati Tanbu H. Ready Kambo

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Hisab Rukyat di Gedung Maligai Bersujud Kapet, Desa Sarigadung, Kecamatan Simpang Empat, Selasa, (20/10/2020).

Bimtek yang diperuntukkan untuk Penyuluh Agama Islam dari PNS dan Non PNS sebanyak 99 orang tersebut dibuka langsung Wakil Bupati Tanah Bumbu, H. Ready Kambo serta Narasumber yang diisi oleh Kabag TU Kemenag Kanwil Kalsel H. Muslim dan Kasi Kemesjidan Kemenag Kalsel H. Muhammad Mobarak.

Kepala Kemenag Tanbu, H. Ahmad Kamal dalam sambutannya menyampaikan terkait pentingnya materi yang akan diberikan kepada peserta bimtek yakni tentang kalibrasi dan penentuan arah kiblat yang benar.

“Kami berharap melalui kegiatan ini dapat memperdalam ilmu dan wawasan kita, untuk itu tugas penyuluh nantinya dapat memberikan edukasi kepada orang-orang disekitar juga pembinaan kepada mejalis-majeli syang ada,” pungkasnya.

Pembukaan Bimtek Hisab Rukyat Kemenag Tanbu

Menurutnya pemaparan terssebut akan sangat bermanfaat bagi kelangsungan umat dan dirinya berharap kegiatan tersebut dapat terus dilakukan di masa yang akan datang oleh Kantor Kemenag Tanbu.

“Mungkin akan ada perubahan dari perkembangan yang kita terima, oleh karean itu tentunya ini sangat bermanfaat untuk kita dan kami berharap kegiatan positif ini tidak hanya sekali, kedepannya kami berharap tahun depan kegiatan memberikan ilmu atau pengetahuan kepada masyarakat seperti ini insya allah akan terus kami upayakan,’ jelas Kepala Kemenag Tanbu.

Dirinya juga berharap kepada peserta yakni para penyuluh untuk dapat membantu mengaplikasikan apa yang telah diperoleh melalui bimtek tersebut ke khalayak luas.

Sementara itu Wakil Bupati Tanbu, H. Ready Kambo mewakili Pemkab Tanbu menyampaikan bahwa dirinya nyambut baik serta mengapresiasi Bimtek yang digelar oleh Kantor Kemenag Tanbu tersebut.

“Kegiatan ini selaras dengan salah satu prioritas pembangunan di daerah kita saat ini yaitu pembangunan Sumber Daya Manusia yang bermutu dan berkualitas yang disertai nilai-nilai keagamaan dan keimanan yang tinggi.” kata Wabup.

Oleh karena itu, dirinya berharap melalui bimtek tersebut para Penyuluh Agama Islam yang merupakan ujung tombak Kementerian Agama di tengah masyarakat dapat menjalankan perannya secara maksimal untuk membentuk kualitas keagaaman umat yang lebih baik. (Ferd/red)

Share this Post :

Comments are closed.