Jenis-Jenis Vaksin Meningitis yang Wajib Diketahui

Foto dok; Vaksin (ist)

Obsesinews.com- Meningitis adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dan juga bakteri. Akibat yang akan muncul dari infeksi tersebut adalah peradangan pada bagian selaput otak dan sumsum tulang belakang. Meskipun ada meningitis yang tidak berbahaya namun cukup banyak kasus kematian akibat penyakit tersebut. Contohnya seperti yang terjadi pada penyanyi terkenal Glenn Fredly.

Virus dan bakteri yang masuk ke cairan otak akan menginfeksi meningen yaitu lapisan pelindung otak dan saraf tulang belakang. Penularan penyakit ini sangat cepat sehingga diperlukan perlindungan maksimal melalui vaksinasi.

Foto; Vaksin Influensa (Ist)

1. Vaksin Pneumococcal (PCV)

Vaksin PCV diberikan dengan tujuan untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri pneumokokus. Bakteri tersebut adalah penyebab beberapa penyakit yang cukup berbahaya seperti pneumonia dan meningitis. Pemberian vaksin PCV diharapkan bisa memberikan perlindungan maksimal kepada Anda dan keluarga dari infeksi penyakit berbahaya seperti di atas.

Ada 2 jenis vaksin PCV ini yaitu PCV13 serta PCV23 dimana keduanya aman diberikan kepada anak-anak maupun orang dewasa. Orang yang dianjurkan untuk mendapatkan vaksin PCV yaitu anakā€”anak di bawah umur 5 tahun dan para lansia karena merekalah yang paling banyak terinfeksi.

2. Vaksin Hib

Vaksin Haemophilus Influenzae tipe B atau Hib merupakan jenis vaksin yang umumnya diberikan kepada balita. Vaksin ini bermanfaat untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Hib. Bakteri Hib menyebabkan berbagai penyakit yang terjadi di organ tubuh seperti saluran pernapasan, paru, otak, tulang, bahkan jantung.

Vaksin ini merupakan salah satu vaksin dasar yang harus diberikan kepada bayi sebelum usianya menginjak 1 tahun. Infeksi bakteri Hib memang lebih sering terjadi pada anak balita dan kejadian paling banyak menyerang umur 6 hingga 12 bulan. Salah satu penyakit berbahaya yang bisa dicegah dengan vaksin Hin yaitu meningitis.

3. Vaksin MenC

Vaksin ini merupakan vaksin yang bisa melindungi seseorang dari infeksi meningitis tipe C. Penyebab meningitis C adalah bakteri bernama Neisseria Meningitidis. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Oxford Vaccine Group, sekitar 75% anak di Inggris telah diberikan vaksinasi MenC tersebut.

Vaksin tersebut akan memberikan perlindungan selama kurang lebih 7 tahun setelah diberikan.

4. Vaksin MMR

Vaksin MMR merupakan jenis vaksin yang berfungsi melindungi tubuh dari serangan 3 penyakit yaitu rubella, campak dan gondongan. Ketiga penyakit tersebut bisa menjadi faktor pemicu seseorang terkena penyakit meningitis. Vaksin MMR diberikan sebanyak 2 kali yaitu pada umur 15 bulan dan diulangi lagi ketika usianya menginjak 5 tahun.

Setelah 2 kali pemberian vaksin tersebut antibodi yang terbentuk akan mampu melindungi tubuh hingga 20 tahun dari ketiga penyakit tersebut. Vaksin MMR kemudian dikembangkan menjadi MMRV yang akan melindungi tubuh dari cacar air dan MMR. Vaksin MMRV diberikan pada saat anak usia 12 bulan sampai 12 tahun.

5. Vaksin ACWY

Vaksin ACWY adalah jenis vaksin yang digunakan untuk melindungi tubuh dari infeksi yang disebabkan oleh bakteri meningococcal tipe A, C, W dan Y. Bakteri tersebut bisa menjadi pemicu terjadinya infeksi pada meninges sehingga menyebabkan penyakit meningitis.

Selain itu bakteri meningococcal juga akan menyebabkan gangguan berupa infeksi darah serta jenis infeksi berat lainnya yang menyerang anak-anak maupun orang dewasa.

6. Vaksin Meningitis B

Vaksin meningitis B diberikan kepada pasien agar tubuhnya bisa membentuk antibodi untuk melawan infeksi bakteri meningococcal group B. Bakteri tersebut adalah salah satu pemicu terjadinya peradangan pada selaput otak dan saraf tulang belakang.

Jenis vaksin meningitis manakah yang paling sesuai dan dianjurkan untuk Anda bisa ditanyakan kepada dokter. Konsultasikan lebih dulu sebelum melakukan vaksinasi meningitis terutama pada bayi.

Jika Anda masih mempunyai pertanyaan tentang penyakit meningitis beserta vaksin dan pencegahannya silahkan tanyakan di Halodoc. Aplikasi terbaik yang menjadi solusi kesehatan keluarga Indonesia tersebut bisa Anda unduh melalui Apps Store dan Playstore. Aplikasi ini juga membantu Anda menemukan list tempat vaksin Surabaya, nama dokter beserta harganya. Jadi jangan lupa untuk mendownload aplikasi ini.

Share this Post :

Comments are closed.