Berbekal Ilmu Kompas, Tim SAR Pangkalan TNI AL Banjarmasin Sasar Daerah Terisolir Akibat Banjir

Proses pengiriman bantuan bagi Masyarakat terisolir akibat Banjir di Kalsel

Obsesinews.com, Banjarmasin – Tim SAR Pangkalan TNI Angkatan Laut Banjarmasin yang beranggotakan tim gabungan dari Prajurit Lanal Banjarmasin, Satuan Komando Pasukan Katak Koarmada II, Dislambair (Penyelam TNI AL) Koarmada II dan Marinir menggelar evakuasi dan pendistribusian bantuan kepada Masyarakat terdampak musibah banjir di Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (17/01/2021).

Salah satu tim menuju desa Penggalaman, Kabupaten Banjar yang berdasarkan informasi daerah tersebut terisolir dan bantuan susah masuk karena terputusnya akses. Benar saja tim harus menembus masuk melewati daerah persawahan yang terendam air untuk bisa mencapai lokasi di daerah handil 01 sampai Handil 06 untuk mendistribusikan bantuan.

Hingga malam hari tim mendistribusikan bantuan berupa bahan makanan, pakaian kering, makanan dan pakaian bayi serta selimut dan obat-obatan untuk masyarakat yang bertahan, untuk kembali ke titik awal pemberangkatan, tim menggunakan kompas dan pengenalan tanda medan agar tidak tersesat karena kondisi visibilitas gelap dan cuaca hujan deras.

Letda Laut (S) Rahmad Hadi Mulyono mengungkapkan,”Semoga musibah banjir ini segera surut, seluruh masyarakat selamat dan apabila ada yang butuh untuk di evakuasi kami dari tim siap untuk membantu mengevakuasi,” ungkapnya kepada Media.

Masyarakat setempat mengucapkan terima kasih kepada Pangkalan TNI AL Banjarmasin yang telah datang untuk memberikan bantuan, karena selama ini mereka bertahan dengan bahan makanan seadanya dan ikan hasil tangkapan dari sungai yang meluap, namun mereka lebih memilih bertahan karena khawatir dengan kondisi rumah saat ditinggakan mengungsi,” kata salah seorang warga setempat. (**/Red)

Share this Post :

Comments are closed.