Mahasiswa Politeknik Batulicin Lakukan Pengabdian Masyarakat di Desa Sukamaju

Mahasiswa Politeknik Batulicin Lakukan Pengabdian Masyarakat di Desa Sukamaju

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Puluhan mahasiswa Politeknik Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan menggelar kegiatan Pengabdian kepada masyarakat, khususnya di desa Sukamaju, Kecamatan Batulicin, Kamis (02/12/21).

Adapun kegiatan para mahasiswa Politeknik Batulicin di desa Sukamaju diantaranya ditandai dengan penanaman 50 bibit tanaman Sirsak, Alpukat, Nangka, Petai, Jengkol, Jabon, Gaharu, Saingon, Trembesi dan Kayu Manis.

Selain itu dalam kegiatan tersebut para mahasiswa juga melakukan pembuatan Arang Sekam dan Bricket Arang Sekam Padi sekaligus melakukan pelatihan pembuatan pupuk cair organik.

Kepala Desa Sukamaju, Sukmo Riyanto dalam sambutannya memberikan apresiasi serta menyambut baik atas kegiatan pengandian masyarakat yang digelar oleh para mahasiswa Politeknik Batulicin di Desa Sukamaju.

Dikatakan Sukmo Riyanto bahwa kerjasama antara Poltek Batulicin dengan Desa Sukamaju diharapkan bersinergi dengan mewujudkan program yang membawa dampak kemajuan baik bagi kemajuan Desa Sukamaju dengan mengedepankan kerjasama, melakukan sharing, serta saling support antara mahasiswa dengan Desa.

“Dana Desa tidak hanya digunakan untuk pembangunan fisik saja, tapi bisa juga dimanfaatkan untuk program lain yang berguna untuk kemajuan Desa”, ungkap Sukmo Riyanto.

Melalui kerjasama antara Poltek Batulicin dengan Desa Sukamaju, Sukmo berharap melalui pertukaran informasi diharapkan bisa menciptakan sesuatu baik teori maupun praktek, sehingga mampu mewujudkan inovasi yang akan berguna bagi kemajuan di desa.

Ia mencontohkan seperti menciptakan teknologi yang ramah lingkungan dengan contoh penggunaan filter air bersih.

Sementara itu Wakil Direktur Satu Politeknik Batulicin, Ribut Giyono, S.Pd. MM dalam sambutan singkatnya menjelaskan tentang sejarah awal berdirinya Politeknik Batulicin (Polibali) pada masa 6 tahun yang lalu.

Pada awalnya Polibali masih berkampus di gedung SMKN 2 Simpang Empat, kemudian berpindah tempat di Kantor PT. Enam Sembilan Group, dan akhirnya dengan support dari Bapak Mardani Haji Maming, akhirnya saat ini Polibali menempati Bangunan dari Yayasan Haji Maming di Batulicin.

Ribut Giyono mengharapkan kehadiran mahasiswanya di Desa Sukamaju akan membawa dampak positif bagi masyarakat serta mahasiswa Politeknik Batulicin itu sendiri untuk terus memberikan pengabdian yang berguna bagi bangsa dan negara

“Jika kali ini mahasiswa polibali belum sukses melakukan pengadian yang terbaik, maka diharapkan pada masa mendatang para mahasiswa Polibali, akan mampu berkarya yang lebih baik lagi, Baik bagi lembaga Polibali maupun bagi masyarakat,” ungkap Ribut Giyono, S.Pd.MM.

Sebab, menurut Ribut untuk menjadi sebuah lembaga yang terbaik tentu tidak serta merta dapat diwujudkan, melainkan perlu proses, perlu adanya dukungan semua pihak, setta perlu kerjasama dan sinergi antara kampus bersama lembaga terkait. (**/Red)

Share this Post :

Comments are closed.