Guna Capai Ketahanan Pangan 2017, Kodim.1022/ Tnb Kembali Gelar Penanaman Padi Serentak Di Sumber Baru, Angsana

Dandim 1022/Tnb Berbaur Bersama Petani Lakukan Tanam Bersama Di Sumber Baru

Obsesinews.com,Tanah bumbu-Guna mewujudkan Swasembada Pangan Kodim 1022/Tnb Kembali Gagasan Penanaman Padi IR 28 Dilakukan Serentak di Desa Sumber Baru Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu Seluas 120 Hektare, Senin (2/1).
Kegiatan yang diprakarsai  Kodim 1022/ Tnb bersama Distan Pemkab Tanbu, bersama masyarakat petani Desa Sumber Baru, kec. Angsana merupakan target kegiatan untuk pencapaian ketahanan pangan  okmar 2016/2017.

Penanaman padi Serentak Desa Sumber baru

Dalam acara tersebut dihadiri, Dandim 1o22/Tnb, Distan, Muspika, Kades , Perusahaan swasta BIB serta Masyarakat petani Desa Sumber Makmur.
Dalam sambutannya Zainal Arifin Kades Sumber Baru mengucapkan,” selamat datang khususnya kepada Dandim 1022 Tanah Bumbu, Distan, Muspika, PT.BIB dan masyarakat petani, di Desa Sumber Baru.

“Ucapan terimakasih atas program penanaman padi jenis ir 28 secara serentak dimulai seluas 10 hektar dari lahan 120 Hektar yang telah siap Tanam, Pihak Desa juga sudah persiapkan alat pertanian lengkap, kedepan juga dipersiapkan sekitar 400 hektar lahan supaya bisa di garap untuk sawah,”kata Kades Sumber baru.

Ditambahkan,”Dengan adanya program dari Kodim 1022/Tnb dan Pemkab Tanah Bumbu kedepan para petani bisa lebih meningkatkan produksinya dan Semoga kedepan penanaman serentak ini bisa lebih di tingkatkan,” pungkasnya.

Zainal Abidin.H,A.Md, Kabid Produksi TTH, Distan Kab.Tanbu, menegaskan,” target produksi atau panen padi  dalam 2016/2017, sebesar 108.000.ton, dengan luas lahan 26.000 hektar.

“namun saat ini lahan tersedia  baru 14.000 hektar, untuk mencapai target tersebut sebisa mungkin harus panen 2 kali.

“Untuk padi yang di tanam ir 28, mereka mendapatkan bibit padi bersubsidi dari pemerintah dengan harga 2500 rupiah per kg  sedang harga sebenar per kg 8000 rupiah.

Ditambahkan,”Pelaksanaan tanam padi serentak ini sudah maju seharusnya bulan februari atau maret, ini di laksanakan bulan januari seharusnya tahun 2017 bisa penen 2 Kali, menurut Prediksi kalau tidak terserang hama per hektar bisa menghasilkan panen padi sekitar 8 ton,”Pungkasnya Zainal Abidin.

Penyerahan bantuan bibit kepada petani secara simbolis

Ditempat yang sama Dandim 1022/Tnb Letkol CZI,Andy Setyawan dalam sambutannya di depan masyarakat peteni Desa Sumber Baru mengatakan,”pihak TNI bekerja sama dengan Dirjen Mentri Pertanian tentang ketahanan pangan, makanya dari TNI saat ini turun langsung dengan intansi terkait yang ada di Kab.Tanbu untuk memotifasi mendorong para petani lebih giat untuk melakukan penanaman padi, Nilai setrategis yang didapat dari TNI, Swasembada pangan bisa terpenuhi, karena ini urusan perut,”Kata Dandim 1022/Tnb.
Ditambahkan,” Mereka berharap CSR perusahaan sebagian bisa di larikan ke sektor pertanian hal ini sudah di bicarakan dengan Bupati Tanah Bumbu.

Daerah Kecamayan Satui dan Angsana merupakan Aikon Kabupaten Tanah Bumbu sebagai daerah penyangga.

“Untuk itu siapapun pejabat yang menjabat daerah tersebut harus bekerja keras dan harus bisa bersinergi dengan penduduknya agar bisa tercapai Swasembada Pangan seperti yang di harapkan,” Pungkas Letkol Czi Andy Setyawan. (Ag/ red)

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply