Dengan Pengawalan Ketat KPU Tanbu Distribusikan Logistik Pilkada 2020

Bupati Tanbu Bersama stakeholder lainnya melepas logistik Pilkada 2020

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Bumbu distribusikan logistik Pilkada ke seluruh wilayah di Kabupaten Tanah Bumbu, Senin (07/12/2020).

Nampak hadir dalam acara tersebut Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor, Dandim 1022/Tanah Bumbu Letkol Cpn Rahmat Trianto, M.Si., M.Tr. (Han), Ketua KPU Tanbu Makhruri, S.E., Ketua Bawaslu Tanbu H. Kamuluddin Malewa, S.E dan sejumlah stakeholder.

Diawali dengan melakukan pengecekan terhadap kotak surat suara yang tersimpan di Gudang Logistik, Bupati, Dandim dan stakeholder terkait kemudian melepas truk logistik yang menandai penyaluran Logisitik Pilkada 2020 di Kabupaten Tanah Bumbu.

Ketua KPU Tanbu Makhruri menyampaikan bahwa sekitar 226.000 jumlah surat suara yang telah disiapkan oleh KPU untuk Pilkada di Kabupaten Tanah Bumbu.

Ketua KPU Tanbu Mahruri saat dikonfirmasi (Atas), Dandim 1022/Tnb, ketua Bawaslu Tanbu Bawah

“Itu perhitungannya bukan seluruh DPT (Daftar Pemilih Tetap) di Kabupaten Tanah Bumbu, melainkan jumlah DPT ditambah 2,5% untuk setiap TPS (Tempat Pemungutan Suara), jadi akumulasi keseluruhannya sekitar 226.000 surat suara,” kata Makhruri.

Makhruri juga menyampaikan untuk distribusi logistik sejatinya sudah dilakukan sejak kemarin ke 1 Kecamatan, dilanjutkan pada hari ini ke 7 Kecamatan, dan besok ke 2 Kecamatan.

Ketua KPU tersebut juga menjamin bahwa surat suara yang didistribusikan akan sampai tepat pada waktunya dan dapat dipergunakan pada hari pemungutan suara.

Untuk itu, ia juga menghimbau apabila masyarakat menerima kertas surat suara yang rusak agar melaporkan ke petugas TPS setempat untuk kemudian ditukarkan kertas surat suara yang baru,” Tandasnya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Tanbu Kamiluddin Malewa mengatakan, “Sejak pencetakan surat suara dan logistik lainnya, sampai pada tahap pengiriman dan penyortiran di Gudang, Bawaslu Kabupaten Tanah Bumbu telah melakukan pengawasan yang melekat.” Kata Kamiluddin.

Oleh karena ia memastikan bahwa logistik yang telah disalurkan merupakan logistik yang layak dan sesuai dengan PKPU yang dapat dipergunakan dalam pemungutan suara.

Kamiluddin juga menyampaikan bahwa Panwascam dan Pengawas Desa telah bersiap menuggu kedatangan dan mengawasi pendistribusian logistik di tempat masing-masing.

“Kami mengharapkan kita bersama-sama mengawal Pilkada di Tanah Bumbu ini karena ini merupakan tanggung jawab kita bersama untuk mewujudkan menjadi Pilkada yang Luber, Demokratis, Jujur, Adil, Damai dan Sejuk,” pungkasnya. (Fer/red)

Share this Post :

Comments are closed.