Cegah Konflik Tenurial, Pemkab Tanbu bersama Polda Kalsel Gelar Forum Grup Diskusi

Cegah Konflik Tenurial, Pemkab Tanbu bersama Polda Kalsel Gelar Forum Grup Diskusi

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) bekerjasama dengan Polda Kalimantan Selatan menggelar Fokus Grup Diskusi (FGD) upaya penyelesaian konflik Tenurial di Kabupaten Tanah Bumbu bertemoat di Hotel Ebony Batulicin, Selasa (27/04/2021).

Kegiatan tersebut dibuka Bupati Tanah Bumbu melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Hj Mariani, dan dihadiri oleh SKPD, instansi terkait serta tamu undangan.

Dalam sambutan Bupati yang disampaikan oleh Mariani, Bupati Tanah Bumbu selaku Kepala Daerah turut menyambut baik dan sangat mengapresiasi dilaksanakannya FGD dalam rangka mencari rumusan solusi penyelesaian konflik pertanahan di Kabupaten Tanah Bumbu tersebut.

“Karena disamping kita dapat meningkatkan silaturahmi, juga dalam rangka mendapatkan masukan dan saran terhadap langkah-langkah strategis dan konstruktif, tentang diskusi kita mengenai permasalahan penggunaan dan pemanfaatan lahan di Kabupaten Tanah Bumbu, baik antara masyarakat dengan Badan Usaha maupun sebaliknya,” ujarnya.

 

Menurut Bupati, permasalahan masih sering terjadi dan belum terdapat upaya penyelesaian yang komprehensif dan tuntas dan untuk itu Bupati berharap pelaksanaan FGD yang mengundang pihak-pihak terkait ini, nantinya akan mampu menghasilkan konsensus dan kesepahaman bersama.

“Sehingga dengan hasil kesepakatan dan kesepahaman tersebut, dapat menjadi data dukung dalam memberikan rumusan solusi dari penyelesaian konflik pertanahan,” jelasnya.

Oleh karena itu, diperlukan pembuatan skema penyelesaian konflik yang implementatif, didasarkan dari berbagai skema penyelesaian konflik tenurial dengan menggunakan pendekatan non-litigasi beserta contoh proses fasilitasi yang telah dilakukan.

“Agar nantinya, tercipta penyelesaian masalah penggunaan dan pemanfaatan lahan antar masyarakat dan badan usaha maupun sebaliknya, guna mewujudkan ketidak tumpang tindihan kepemilikan lahan pertanahan di Kabupaten Tanah Bumbu,” tutup Bupati. (Fer/red)

Share this Post :

Comments are closed.