Alishter Latih Petani Tanbu Agar Bijak Gunakan Herbisida

Alishter Latih Petani Tanbu Agar Bijak Gunakan Herbisida

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Sebagai upaya dalam memberikan pemahaman terkait penggunaan herbisida yang lebih bijak, Alishter (Aliansi Stewardship Herbisida Terbatas) menggelar pelatihan bagi petani di Kabupaten Tanah Bumbu, Kamis (18/11/2021).

Kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu dan dilaksanakan bertempat di Gedung Mahligai Bersujud Kapet, Desa Sarigadung, Kecamatan Simpang Empat, dengan diikuti sekitar 100 orang petani di Bumi Bersujud.

“Pelatihan Herbisida Terbatas Pakai ini bertujuan untuk melatih petani-petani agar dapat menggunakan herbisida secara bijak dan benar,” kata Ketua Alishter Provinsi Kalimantan Selatan, Jayadi kepada media Obsesirakyat.com.

Ia menjelaskan bahwa penggunaan herbisida yang diberikan secara bijak dan benar dapat berdampak baik terhadap lingkungan serta bagi pengguna atau petani itu sendiri.

Oleh sebab itu ia berharap melalui pelatihan ini para petani dapat memahami serta mempraktekkan penggunaan herbisida secara efisien dan efektif sesuai prosedur yang ditetapkan guna meminimalisir dampak negatif.

Terkait pelaksanaan pelatihan, Jayadi menjelaskan bahwa para peserta dibagi menjadi tiga kelompok yang diharapkan dapat memicu adanya interaksi sehingga materi yang disampaikan dapat dipahami dengan baik.

“Hal ini juga kita lakukan mengingat situasi pandemi, jadi protokol kesehatan ditekankan dari para peserta sebelum memasuki ruangan harus mencuci tangan, serta mengenakan masker,” ucapnya.

Sementara itu Ketua Komite Stewardship Alishter, Vicky Rizki Arneldi, menambahkan bahwa kegiatan yang dilakukan Alishter ini merupakan amanah dari Permentan No. 43 Tahun 2019 untuk memberikan edukasi terkait penggunaan herbisida kepada para petani.

“Alishter sebagai asosiasi dari perusahaan pemilik pendaftaran herbisida terbatas, melalui kegiatan ini kami berkomitmen terhadap peraturan yang ada dan mendukung kegiatan pertanian yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu,” ungkapnya.

Adapun Pelatihan Herbisida Terbatas Pakai ini dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu Fauraji Akbar, dan sangat disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu demi kemajuan serta keselamatan petani yang ada di Bumi Bersujud. (**/red)

Share this Post :

Comments are closed.