Memaknai Hari Jumat Sebagai Sayyidul Ayyam

Memaknai Hari Jumat Sebagai Sayyidul Ayyam

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Ustad Hidayatullah memberikan ceramah agama pada pengajian Majelis Lailatul Jumat yang digelar Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) di Masjid Darul Azhar, Desa Bersujud, Kecamatan Simpang Empat, Kamis (02/12/2021) malam.

Adapun pengajian rutin yang diprakarsai oleh Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar ini diikuti oleh segenap jajaran SKPD di lingkup Pemkab Tanbu, anak-anak Istana Anak Yatim Darul Azhar, serta warga masyarakat sekitar.

Dalam tausiahnya Ustad Hidayatullah menyampaikan bahwa hari Jumat merupakan Sayyidul Ayyam atau penghulu dari segala hari, dan oleh sebab itu hari Jumat adalah hari yang mulia bagi umat Islam.

“Jika orang Nasrani mempunyai hari yang mulia yaitu hari Minggu atau hari Ahad, jika orang Yahudi mempunyai hari yang mulia yaitu hari Sabtu, maka umat Nabi Muhammad saw. mempunyai hari yang mulia yaitu hari Jumat,” terangnya.

Untuk itu seyogyanya sebagai umat Rasulullah, umat Islam dianjurkan untuk dapat menghidupkan Malam Jumat dan hari Jumat dengan memperbanyak beribadah kepada Allah swt.

“Hari Jumat adalah hari yang mulia bagi kita, dianjurkan dengan memperbanyak ibadah, banyak-banyak Shalawat, dan bagi Laki-laki jangan sampai untuk tidak melaksanakan Salat Jumat,” kata pria yang sering disapa Ustad Dayat itu.

Dirinya juga menyampaikan ucapan syukur serta terima kasih kepada Bupati mengingat kegiatan keagaaman seperti ini mendapatkan dukungan sehingga Malam Jumat yang dihidupkan diharapkan membawa keberkahan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Selain membahas tentang kemuliaan Malam Jumat, dalam kesempatan tersebut Ustad Hidayatullah juga membahas tentang Bersyukur Kepada Allah yang bersumber dari Kitab an-nashaihud ‘diniyah karya Habib Abdullah ibn Alwi al-Haddad.

Sementara itu Mewakili Bupati, Hadrawi sebagai pembawa acara menyampaikan salam serta permintaan maaf dari Bupati Zairullah Azhar dikarenakan tidak dapat berhadir pada kegiatan kali ini mengingat adanya tugas dinas di luar kota.

“Mari kita sama-sama kita doakan beliau mudah-mudahan beliau bersama rombongan yang melaksanakan tugas di luar kota diberikan kesehatan oleh Allah swt,” harapnya.

Kemudian juga disampaikan Hadrawi bahwa malam Jumat depan, pengajian Majelis Lailtul Jumat berencana akan mendatangkan Ustad Muhammad Yanor atau Guru Yanor dari Kalua. (**/red)

Share this Post :

Comments are closed.