Pekarangan Pangan Lestari Guna Penuhi Kebutuhan Pangan Keluarga

Pekarangan Pangan Lestari Guna Penuhi Kebutuhan Pangan Keluarga

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Daaerah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Dinas Ketahanan Pangan Kab Tanbu, mengadakan Kegiatan Lomba Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Tingkat Provinsi Kaimantan Selatan (Kalsel) Tahun Anggaran 2021, Rabu (1/12/2021).

Tujuan dari diadakannya Kegiatan Lomba Pekarangan Pangan ini, ialah diinginkannya agar masyarakat dapat termotivasi untuk memanfaatkan lahan pekarangannya guna pemenuhan gizi keluarga sehingga hal tersebut mampu membuat keamanan pangan rumah tangga (RT) lebih terjaga.

Dengan memanfaatkan lahan pekarangan bisa membantu menekan biaya pengeluaran rumah tangga sehingga hal itu dapat menambah perekonomian keluarga semakin meningkat.

Erna Kalsum selaku Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan Kabupaten Tanah Bumbu menyampaikan kepada awak media Reportase9, kiranya harapan yang ingin di capai dengan adanya Program P2L tersebut masyarakat sadar untuk memanfaatkan pekarangan.

“Mudah-mudahan masyarakat bisa tertarik untuk memanfaatkan pekarangan rumah tangga sebagai sumber pangan keluarga agar tercipta generasi yang sehat, aktif dan produktif menuju Tanah Bumbu hebat,” sampainya.

Dirinya juga menambahkan, dengan adanya kegiatan yang berjalan ini, P2L diharapkan dapat terus berkelanjutan atau lestari di Kabupaten Tanah Bumbu. P2L sebagai daya dan upaya untuk menekan turunnya angka Stunting ataupun sebagai pencegahan permasalahan Stunting karena P2L berguna dalam pemenuhan gizi keluarga.

Disamping itu pada Senin (29/11/2021) lalu di Desa Mustika Kecamatan Kuranji telah diadakan Lomba P2L Tingkat Provinsi yang langsung diperiksa oleh Tim Penilai dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel yaitu 2 orang selaku penilai dan datang juga dari BPTP Provinsi Kalsel yaitu 2 orang selaku penilai. Lomba di ikuti oleh Kelompok Tani Mustika Makmur.

Sartika Putri Astriyani selaku Ketua TP. PKK Desa Mustika dan Penasehat KWT, menyampaikan rasa bangga dan terimakasihnya Kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu yang telah memberikan kepercayaan pihaknya mewakili Lomba P2L Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, ia berharap mendapatkan hasil terbaik dari Tim Penilai.

“Berkat motivasi dan bimbingan dari Dinas Ketahanan Pangan Kab Tanbu dan Dinas Pertanian Kab Tanbu melalui BPP Kuranji dan PPL Desa Mustika dan juga sebagai Pendamping Kegiatan P2L yang terus berupaya memupuk semangat ibu-ibu KWT Mustika Makmur dengan selalu memberikan pembinaan kepada kami dalam kegiatan P2L,” ujarnya.

Ia menambahkan, semoga apa yang sudah dilaksanakan dapat menambah semangat Anggota KWT Mustika Makmur untuk lebih baik lagi dalam menjalankan kegiatan P2L dan dapat menarik minat bagi masyarakat Desa Mustika pada umumnya untuk dapat memanfaatkan pekarangan lebih baik.

“Kegiatan P2L ini bisa mencukupi kebutuhan Gizi Keluarga dan menambah penghasilan keluarga di masa pandemi ini. selain sayur dapat dikonsumsi agar kebutuhan rumah tangga terpenuhi, tanaman buah dan sayuran pun bisa di jual,” imbuhnya. (**/Red)

Share this Post :

Comments are closed.