Pelatihan KP-SPAM Tingkatkan Kualitas Penyediaan Air Minum

Pelatihan KP-SPAM Tingkatkan Kualitas Penyediaan Air Minum

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu berkomitmen dalam mendukung peningkatan kualitas serta penyediaan layanan air minum bagi masyarakat.

Hal ini ditunjukkan melalui kegiatan yang diadakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) melalui Pelatihan Kelompok Pengelola Sarana Pengelolaan Air Minum (KP-SPAM) di Gedung Mahligai Bersujud I Kapet, Rabu (01/11/2021).

Kepala Dinas PMD Kabupaten Tanah Bumbu melalui Kasi Pemberdayaan Ekonomi dan Pembangunan Desa, Syarwanie, menyampaikan bahwa pelatihan tersebut bertujuan dalam rangka terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat Tanah Bumbu dalam hal air minum dan sanitasi yang bersih.

“Pemenuhin akses air minum sebagai salah satu kebutuhan dasar merupakan urusan wajib Pemerintah Daerah dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan dasar menjadi prioritas pembangunan di desa ,” ujarnya.

Sementara itu sambutan Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar yang dibacakan Arifin S.P. menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah mendukung penyediaan layanan air minum dan sanitasi sesuai dengan target akses universal.

“Program Pamsimas ini merupakan salah satu program unggulan untuk meningkatkan akses fasilitas air minum dan sanitasi layak dengan pendekatan berbasis masyarakat,” ujarnya.

Oleh karena itu menurut Bupati kegiatan ini merupakan kegiatan strategis untuk meningkatkan kapasitas KP-SPAM dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Bupati berharap melalui pelatihan serta evaluasi perkembangan sarana dan prasarana di desa melalui KP-SPAM dapat membantu mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bumi Bersujud dalam hal air minum dan sanitasi.

Adapun kegiatan ini diikuti Ketua Asosiasi KP-SPAM se-Kabupaten Tanah Bumbu, Tenaga Ahli, Koordinator Wilayah, perwakilan dua orang dari 86 Kelompok KP-SPAM, dan tamu undangan. (**/red)

Share this Post :

Comments are closed.