Ketua Gugus Tugas Prov kalsel (atas), Sekda Tanbu (bawah) saat menyampaikan sambutan

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Dalam rangka Monitoring dan Evaluasi (Monev) terkait penanganan Covid-19, Tim Gugus Tugas Percepatan, Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan kunjungan ke Kabupaten Tanah Bumbu, kegiatan bertempat di Gedung Mahligai Bersujud, Desa Sarigadung, Kecamatan Simpang Empat, Minggu (14/06/2020).

Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel H. Abdul Haris yang juga menjabat sebagai Ketua Harian Gugus Tugas Provinsi Kalsel memimpin kunjungan dari rombongan Tim Monitoring Gugus Tugas Provinsi Kalsel.

Penyerahan Bantuan Alkes Dari Tim Gugus Tugas Covid-19 Propinsi Kalsel diterima secara langsung oleh Sekda didampingi Forkompinda Kab. Tanbu

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Ready Kambo, Sekretaris Daerah H. Rooswandi Salem M.Sos, MM,, Kapolres Tanah Bumbu AKBP Sugianto Marweki SIK, Dandim 1022/Tnb Letkol Czi Bintarto Joko Yuliano S.I.P, M.Han, serta dari BPBD, Dinas Kesehatan, Camat, Puskemas, serta unsur terkait lain.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Abdul Haris dalam sambutannya menyampaikan, “Meskipun jumlah kasus Covid-19 Kalsel termasuk cukup tinggi di Indonesia, jangan menjadikan itu momok bagi kita. Karena disisi lain itu merupakan upaya pemerintah menemukan kasus yang ada di masyarakat sehingga kita dapat mempercepat penanganannya,” Kata Abdul Haris.

Ketua Tim Gugus Tugas Prov Kalsel Bersama Forkompinda Kab. Tanbu

Dalam kesempatan tersebut Ia juga menekankan akan pentingnya protokol kesehatan dan partisipasi penerapannya dari segala pihak, baiak dari pemerintah itu sendiri dan juga masyarakat.

“Rumus dari protokol kesehatan tentu sangat sederhana. Memakai masker, cuci tangan, jaga jarak atau menghindari kerumunan, dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Itu juga nanti menjadi tugas tambahan bagi teman-teman yang ada lapangan. Berikan edukasi pemahaman kepada masyarakat sehingga kita dapat bersama-sama memutus mata rantai dari wabah Covid-19 ini,” paparnya.

Hal senada disampaikan oleh Sekretaris Daerah Tanbu H. Roeswandi Salem disinggung terkait dengan penerapan New Normal atau tatanan hidup baru.

“Penerapan dari SOP atau protokol kesehatan harus dijalankan dengan sebagaimana mestinya. Untuk melaksanakan New Normal itu ada poin-pon yang harus dipenuhi salah satunya adalah kedisiplinan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan,” ungkap Roeswandi.

Setelah sambutan usai, dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis berupa Alat Rapid Test dari Tim Monitoring Gugus Tugas Provinsi Kalsel kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

Usai kegiatan seremonial acara kemudian dilanjutkan kembali dengan digelarnya Rapat Koordinasi Tim Monitoring Gugus Tugas Provinsi Kalsel bersama dengan Tim Gugus Tugas Kabupaten, Dinas Kesehatan, serta Puskesmas, untuk membahas strategi dan langkah-langkah yang disiapkan terkait Penanganan Covid-19 di Kabupaten Tanah Bumbu. (Ferd/ Red)