Bupati Tanbu ketika menyambut kunjungan kerja Kapolda Kalsel dan Danrem 101/ANT

Obsesinews.com, Tanah bumbu- Komandan Korem 101/Antasari Brigjen Firmansyah bersama Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Dr. Nico Afinta SIK, SH, MH serta Asisten Pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan Ir. H. Sugian Noorbah melaksanakan kunjungan kerja Ke Kampung Tangguh Banua Desa Mekarjaya Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu, Kamis (25/06/2020).

Foto bersama di kampung tangguh banua

Kunjungan ke Bumi Bersujud tersebut disambut Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor,Dandim 1022/TNB Letkol Czi. Bintarto Joko Yulianto, S.IP, M.Han, Kapolres Tanah Bumbu AKBP Sugianto Marweki, SIK, MSi, Danlanal Kotabaru/TNB Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto, S,S.T., Sekretaris Daerah H Rooswandi Salem, Camat Angsana Ferdi Yospi dan Kepala Desa Mekar Jaya Wiyono Setiawan.

Pada kunjunganya, rombongan dari Provinsi Kalimantan Selatan tersebut meninjau beberapa fasilitas Desa Tangguh Banua di Desa Mekar Jaya diantaranya ruang pelayanan kesehatan, kolam ikan yang merupakan salah satu ketahanan pangan masyarakat, tim relawan, posko induk relawan, dan Rumah karantina mandiri.

Selain itu, Kapolda, Danrem, dan Asisten Pemerintahan Setda juga melihat ketahanan pangan warga Desa Mekar Jaya berupa hasil pertanian, perkebunan, dan produk IKM desa setempat.

Bupati tanbu menyabut kedatangan Kapolda dan Danrem 101/Ant di Kampung Tangguh Banua Kab. Tanbu

Dalam sambutanya Bupati Tanbu H. Sudian Noor mengatakan ketangguhan Desa Mekar Jaya dalam hal pencegahan dan penanganan Covid-19 tidak diragukan lagi. Hal tersebut dapat dilihat dari sejumlah fasilitas pendukung pencegahan dan penanganan Covid-19 yang tersedia, dan juga pelayanan sesuai standar prosedur operasional (sop) kampung tangguh banua.

Bupati berharap,” Kampung Tangguh Banua Desa Mekar Jaya dapat menjadi contoh bagi desa lainnya di Tanbu dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid-19.

Untuk Kampung Tangguh Banua ini, ucap Bupati, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu telah membentuk sebanyak 21 Kampung Tangguh Banua dari 144 Desa se-Tanbu.

Bupati juga menyampaikan upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah Tanah Bumbu dalam rangka mencegah penyebaran dan penanganan Covid-19.

Diantaranya menyiapkan rumah sakit dan tempat karantina bagi pasien terkonfirmasi Covid-19.

“Ada tiga hotel dan satu rusunawa yang disiapkan untuk tempat karantina pasien Covid-19,” kata Bupati.

Selain itu, upaya pencegahan dengan melakukan operasi penegakan disiplin protokol kesehatan yang terus dilakukan oleh Pemkab Tanbu bersama Kodim 1022/TNB dan Polres Tanbu di pusat perbelanjaan, toko modern, kantor pelayanan publik, dan lainnya.

Bupati menambahkan Kabupaten Tanah Bumbu merupakan yang terbanyak tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Kalimantan Selatan. Ada sebanyak 107 pasien Covid-19 yang sembuh.

“Saat ini, Tanbu fokus pada penyembuhan dan pencegahan penyebaran Covid-19,” kata Bupati dihadapan Kapolda, Danrem, dan Asisten Pemerintahan Setda Prov Kalsel.

Sementara itu, Kapolda Kalsel Irjen Pol Dr. Nico Afinta SIK, SH, MH mengatakan kunjungan ini untuk meninjau langsung keberadaan Kampung Tangguh Banua yang ada di Desa Mekarjaya Kabupaten Tanah Bumbu.

Pemerintah Provinsi, Polda, dan Korem 101/Antasari mendorong dan mendukung setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten/Kota sampai ke desa dalam pencegahan dan penanganan Covid-19.

“Seluruh Desa Tangguh Banua yang kami kunjungi telah melaksanakan mekanisme dan prosedur terkait dengan pembentukan kampung tangguh serta upaya-upaya penanganan covid-19 lainnya,” kata Kapolda.

Danrem 101/Antasari Brigjen Firmansah mengatakan pencegahan dan penanganan Covid-19 di Tanah Bumbu sangat bagus. Yakni membangun pondasi yang kuat mulai dari tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten.

“Kalau ini kita lakukan serentak maka kita bisa mengatasi Covid-19 ini,” katanya.

Asisten Pemerintahan Setda Provinsi Kalimantan Selatan Ir. H. Sugian Noorbah mengatakan ada 2 Desa Kampung Tangguh Banua yang di kunjungi di Tanah Bumbu. Selanjutnya rombongan akan melanjutkan kunjungan ke Kampung Tangguh Banua di Kabupaten Kotabaru.

Terkait Kampung Tangguh Banua Desa Mekar Jaya Tanah Bumbu, H. Sugian Noorbah mengapresiasi Desa Mekar Jaya yang siap untuk mandiri dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid-19 diantaranya terdapat ruang karantina, ruang medis, ketahanan pangan, relawan desa, dan lainnya.

Hal ini tentunya seiring dengan tujuan dibentuknya Kampung Tangguh Banua yaitu kemandirian desa dalam pencegahan dan penanganan Covid-19.

Pada kunjungan tersebut, Kapolda, Danrem 101/Antasari, dan Asisten Pemerintahan Setda Prov Kalsel menyerahkan bantuan bibit tanaman sayuran dan juga bantuan 100 paket sembako. (*/Red)