Tingkatkan Kapasitas, Temu Forum Anak Daerah Kab. Tanbu Digelar

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Temu Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2021 digelar di Gedung Mahligai Bersujud Kapet, Desa Sarigadung, Kecamatan Simpang Empat, Rabu (07/07/2021).

Nampak berhadir Kepala Dinas KBP3A Tanah Bumbu Narni, Kepala Dinas Pendidikan Eka Saprudin, Ketua Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) Tanbu, Andi Anwar Sadat, beserta jajaran pengurus Forum Anak Daerah dari perwakilan Kecamatan Se-Kabupaten Tanah Bumbu.

Erna Normiati selaku Ketua Panitia Pelaksana dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannga Temu FAD Kabupaten Tanah Bumbu tersebut diharapkan dapat meningkatkan kapasitas sekaligus menjadi wadah komunikasi serta kerjasama antar pengurus Forum Anak Daerah mulai dari tingkat Desa, Kecamatan, hingga Kabupaten.

“Walaupun di tengah pandemi, tidak menjadi halangan bagi Forum Anak untuk menjalankan peran utama sebagai pelopor dan pelapor,” ujarnya.

Ia menyebutkan bahwa Forum Anak telah aktif di setiap Kecamatan melakukan kegiatan baik itu permasalahan anak, kegiatan bakti sosial, serta menjadi relawan kepada anak-anak yang terdampak bencana.

Sementara itu Ketua Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) Tanbu, Andi Anwar Sadat, dalam kesempatannya mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu telah membentuk Forum Anak Daerah Tingkat Kabupaten serta berkomitmen untuk mewujudkan partisipasi anak dengan memfasilitasi Forum Anak.

Hal tersebut diharapkan dapat memberikan input atau masukan dalam mempengaruhi kebijakan Pemerintah untuk mewujudkan kepentingan terbaik bagi anak di Bumi Bersujud.

“Dengan keberadaan Forum Anak kami berharap juga dapat memberikan nilai-nilai positif untuk membina dan mengembangkan kreativitas dalam rangka berpartisipasi mewujudkan kehidupan anak yang lebih baik di masa yang akan datang,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga diberikan sejumlah materi yaitu tentang “Pendidikan Wajib Belajar 12 Tahun dan Pemanfaatan Waktu Luang” oleh Disdik Tanbu, “Peran Anak dan Remaja dalam Kepemudaan serta Wisata Layak Anak” oleh Dispora Tanbu.

Kemudian materi tentang “Edukasi Seks dan Hindari Pergaulan Bebas” oleh KPAD Tanbu, serta “Peran Forum Anak dalam Upaya Mencegah Perkawinan Usian Anak”. (*/red)