Bupati Tanah Bumbu Tinjau Posko Penyekatan PPKM di Tiga Titik

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Berlakukan PPKM Level 4, Kabupaten Tanah Bumbu telah mendirikan posko penyekatan di sejumlah titik perbatasan wilayah.

Meninjaul hal tersebut, Bupati Tanah Bumbu dr. H. M. Zairullah Azhar, M. Sc, bersama Tim Satgas Covid-19 Kab. Tanbu melakukan peninjauan terhadap tiga dari lima posko yang ada pada Minggu (15/08/2021).

Adapun Tiga Posko yang dimaksud pertana berlokasi di Kecamatan Mantewe yang merupakan perbatasan antara Kab. Tanbu dengan Kab. Hulu Sungai Selatan (HSS).

Posko kedua terletak di Desa Batu Ampar, Kec. Simpang Empat yang merupakan perbatasan antara Kab. Tanbu dengan Kab. Kotabaru.

Dan Posko Ketiga yakni posko yang terletak di Pelabuhan Fery, Kec. Batulicin yang juga merupakan pintu masuk Kabupaten Kotabaru dan juga dari Provinsi Sulsel.

Bupati menyampaikan bahwa fungsi dari Posko PPKM yang didirikan yakni untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tanah Bumbu dengan melakukan pemeriksaan kepada warga yang hendak masuk maupun keluar daerah.

“Jika warga di dalam daerah yang diperiksa terindikasi positif maka akan diarahkan untuk isolasi dan untuk warga dari luar daerah akan kita suruh putar balik dan tidak kita perbolehkan masuk,” kata Bupati.

Seusai ditinjau oleh Bupati, Manager Usaha PT. ASDP Batulicin, Ahmad Sunedi mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah membatasi muatan penumpang menjadi sebabnyak 70% dari total kapasitas kapal.

“Kita juga memperketat penerapan protokol kesehatan baik kepada penumpang ataupun awak kapal dengan penggunaan masker, cuci tangan, pengecekan suhu dan jaga jarak,” jelas Sunedi.

Ia juga menambahkan bahwa khusus untuk KMP Awu-awu dengan rute Karongkong, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan, pihaknya telah mewajibkan penumpang untuk membawa Surat Keterangan Rapid Test Antigen, baik yang hendak berangkat ataupun datang ke Batulicin.

“Kalau misalnya mereka belum menunjukkan itu maka tidak akan dilayani dalam penjualan tiket dan tidak akan kami berangkatkan,” tegasnya.

“Oleh karena itu kedepannya tentu kami berharap Covid ini bisa mereda sehingga masyarakat dapat lebih nyaman dalam bepergian dan kami berharap PT. ASDP Batulicin bisa terus memberikan pelayanan yang terbaik,” harap Sunedi. (*/red)