Posko Satu Jiwa Kembali Salurkan Bantuan kepada Warga yang Kurang Mampu

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Melalui kegiatan Jum’at Berkah Peduli Satu Jiwa, Posko Satu Jiwa kembali melaksanakan kegiatan rutinnya yakni berbagi kepada warga yang kurang mampu, Jumat (20/08/2021).

Ketua Posko Satu Jiwa, Pelda Indro Turseno mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilakukan sesuai dengan permintaan dari Ketua RT kepada Posko Satu Jiwa untuk memberikan bantuan kepada warga yg terdampak Covid-19 seperti janda, anak yatim dan orang tua jompo yang ada di Desa Sarigadung RT. 07, Desa manunggal RT. 16 dan Desa Bersujud.

Kegiatan Posko Satu Jiwa yang di komandoi Pelda Indro Turseno yang dalam hal ini juga merupakan anggota babinsa Koramil Karang Bintang, juga sesuai dengan penekanan Komandan Kodim 1022/TNB Letkol Cpn Rahmat Trianto, M.SI, M.Tr (Han) serta Danramil 05/Krb Kapten Inf Yacob Pangala agar bisa dapat membantu masyarakat yang ada di wilayah untuk bisa berperan serta meringankan masyarakat yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

“Apalagi mengingat Tanah Bumbu sudah masuk kategori level 4 PPKM sehingga dengan adanya posko Satujiwa yang didukung penuh oleh Dandim 1022/Tnb sebagai pembina dan pelindung yang mana secara mandiri dan swadaya menyalurkan sembako dari warga sekitar yg tergolong mampu secara gotong royong untuk bisa membantu warga yg tidak mampu,” jelas Indro.

Menurutnya selain merupakan salah satu kegiatan sosial di masyarakat, kegiatan Posko Satu Jiwa tersebut juga diharapkan bisa membantu memotivasi menggerakkan masyarakat yang ada di sekitar untuk bisa mendukung Pemerintah Daerah dalam mengatasi masalah yang ada di wilayah.

“Posko Satu Jiwa yang ada saat ini sudah berjalan di 5 desa dan mempunyai Sekretariat atau perwakilan ditiap desa yaitu di Desa Sarigadung RT. 07, RT. 14 Desa Bersujud di rumah Ibu Dewi, Desa barokaH RT. 09 di Perum Citra mega Permai, Desa Pematang Ulin RT 01 di rumah Bapak Jasil, dan di Desa Manunggal di rumah Ibu Yanti,” sebut Indro.

“Alhamdulillah tempat tersebut mereka secara ikhlas mau dijadikan tempat Perwakilan Posko Satu Jiwa, dimana tempat ini nantinya untuk kita stok bantuanblogistik sekaligus sebagai tempat mengkoordinir bantuan yang kami salurkan dari Hamba Allah agar bisa bantuan itu diterima tepat sasaran kepada warga yg benar-benar membutuhkan bantuan tergolong tidak mampu,” pungkasnya.

Kedepannya, Ketua Posko Satu Jiwa itu juga berharap Posko Satu Jiwa bisa berkembang bukan hanya menggerakkan bantuan sosial tetapi juga menjadi sarana informasi UMKM di wilayah seperti kerajinan tangan, kuliner dan hasil pertanian serta perkebunan di masing-masing desa yang sudah terbentuk Posko Satu Jiwa.

“Rencana kedepan akan kita bentuk di masing-masing desa relawan untuk kita bantu memasarkannya potensi para petani, perikanan, perkebunan yang ada di desa dengan cara online lewat dan intinya untuk kita dapat bersama-sama memajukan UMKM yang ada di sekitar,” pungkas Pelda Indro Turseno. (*/Red)