PT. BIB Bangun Fasilitas Air Bersih Berbasis Kemasyarakatan

Obeseinews.com, Tanah Bumbu – Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang tinggal di sekitar area tambang, PT. Borneo Indobara (PT. BIB) belum lama ini telah memberikan bantuan program CSR berupa pengadaan Fasilitas Air Bersih.

Adapun peresmian dilakukan langsung oleh Bupati Tanah Bumbu H. M. Zairullah Azhar bertempat di Desa Banjarsari, Kecamatan Angsana, Sabtu (14/08/2021).

Senior Manager – Empowerment & Sustainability PT. BIB, Dindin Makinudin menyampaikan bahwa Fasilitas Air Bersih yang dibangun merupakan pemanfaatan dari kolam bekas tambang Andaru PT BIB.

“Pengadaan Fasilitas Air Bersih ini merupakan program CSR yang masuk ke dalam pilar kesehatan dan infrastruktur sekaligus, sesuai dengan Kepmen ESDM 1824 tahun 2018, dimana BIB memprioritaskan untuk dapat memenuhi kebutuhan dasar masyarakat terutama Ring 1 BIB,” pungkas Dindin.

Dindin juga menyebutkan bahwa dengan adanya program tersebut diharapkan dapat menjawab solusi bagi masyarakat khususnya yang berada di Desa Mekarjaya dan Desa Banjarsari ketika musim kemarau tiba.

Tidak main-main, Fasilitas Air Bersih yang diberikan merupakan kolam bekas tambang yang secara serius penanganannya dilakukan oleh PT BIB sejak dari tahun 2014, sehingga kualitas air didalam kolam tersebut sesuai dengan baku mutu.

Hal ini dibuktikan dengan hasil uji lab yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup serta independent oleh PT. BIB.

Sementara itu Supandi, selaku General Manager HSE PT BIB menambahkan bahwa Kolam Andaru memiliki kapasitas 6 juta liter m3 dan terletak secara administrative diantara 2 desa yaitu Desa Banjarsari dan Desa Mekarjaya, dengan jumlah penerima manfaat dari supply air bersih di tahun 2021 ini sebanyak 1.125 KK.

Pekerjaan pembuatan Menara Tower Air yang berfungsi menjadi wadah utama untuk menampung air dan mendistribusikan ke kedua desa tersebut juga dikerjakan langsung oleh pihak desa setempat.

Hal ini dilakukan oleh BIB sebagai “Local Business Development”. Diharapkan jika yang mengerjakan dari desa masing-masing, rasa memiliki menjadi semakin tinggi untuk merawat dan menjaga fasilitas tersebutm

Fasilitas air bersih ini bukan program CSR yang baru saja diimplementasikan, tetapi program ini merupakan program CSR yang telah dilakukan sejak tahun 2018 sampai dengan tahun 2021 sampai berjalan.

“Penerima manfaat fasilitas air bersih ini sejak tahun 2018 sd saat ini sekitar 2.474 KK sudah mencakup di 8 desa, dan sedang di proses untuk 2 desa selanjutnya dengan total biaya sekitar 9,3 milyar,” kata Supandi.

Sistem Tata Kelolanya juga diatur didalam peraturan Bersama Desa Banjarsari dan Desa Mekarjaya, dengan pengelolaan dilaksanakan oleh Lembaga kemasyarakatan Desa, yaitu kelompok pengelola sistem penyediaan air bersih dan sanitasi (KP-Spams) bersama sistem pengelolaan berbasis masyarakat.

Bupati Tanah Bumbu menyampaikan ucapan terima kasih kepada CSR PT. BIB dalam hal konsistensi menjalankan program yang sudah dicanangkan, tentang pengelolaan dan penyediaan sistem penyediaan air bersih dan sanitasi bagi warga desa Banjarsari dan Desa Mekarjaya

“Program ini merupakan sebuah karya yang besar, dan akan menjadi momentum peninggalan sejarah di kemudian hari, terkait kontribusi yang pernah diberikan oleh PT. BIB kepada masyarakat,” kata Bupati.

Peresmian fasilitas air bersih ini juga merupakan salah satunya sebagai hadiah 17 Agustus dari PT. BIB bagi masyarakat kedua desa pada khususnya dan Kabupaten Tanah Bumbu pada umumnya. (*/Red)