Pelatihan Bagi Pengurus Koperasi dan Pelaku UMKM di Tanbu Digelar

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Rahmat Prapto Udoyo membuka Pelatihan Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Bagi Pengurus dan Pengawas Koperasi di Gedung Mahligai Bersujud Kapet, Selasa (07/09/2021).

Adapun kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara Balai Pelatihan Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Kalimantan dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan Usaha Mikro (Disnakertranskop UM) Kabupaten Tanah Bumbu.

Selain diikuti peserta dari pengurus Koperasi, kegiatan tersebut juga menyasar kepada pelaku UMKM dengan turut diadakannya Pelatihan Pemasaran Produk UKM Melalui IT (E-Commerce) Bagi Usaha Mikro dan Usaha Kecil.

Kepala Balai Pelatihan Koperasi dan Usaha Kecil Prov. Kalsel, Gusti Muhammad, menyampaikan pelatihan tersebut digelar selama 4 hari yakni mulai 7 s.d 10 September 2021.

Sedangkan peserta pelatihan sebanyak 60 orang dengan rincian 30 peserta pelatihan perkoperasian, dan 30 peserta pelatihan E-Commerce.

Kemudian Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov. Kalsel, Dr. H. Gustafa Yandi, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini pandemi Covid-19 sangat memberikan dampak yang dirasakan bagi setiap pihak.

Oleh karena itu menurutnya di masa pandemi Pemerintah dituntut untuk terus kreatif, inovatif, adaftif, dan kolaboratif, termasuk bagi pelaku usaha.

“Penting bagi kita untuk terus menyesuaikan diri, beradaptasi terhadap perkembangan teknologi serta kondisi yang saat ini tengah kita alami juga berkolaborasi dengan sektor lainnya,” kata Yandi.

Sementara itu Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar melalui Asisten Perekonomian Rahmat Prapto Udoyo mengatakan bahwa pihaknya sangat menyambut baik dengan digelarnya kegiatan tersebut.

Dikatakan bahwa diadakannya kegiatan tersebut merupakan bentuk upaya dari Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kapasitas SDM serta memajukan UMKM Lokal yang ada di Bumi Bersujud.

Untuk dirinya ia berpesan agar para peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan dapat memetik serta memanfaatkan ilmu yang telah diberikan.

“Dengan adanya Pelatihan Pemasaran ini, terlebih di masa Pandemi ini dapat menjadi kesempatan besar bagi UMKM serta strategi dan peluang bisnis dapat lebih berkembang,” ujar Rahmat. (*/red)