Manfaatkan SDA Lokal untuk Bangun Teknologi

 

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) mengadakan lomba inovasi teknologi tepat guna (TTG), Selasa (29/03/2022) di Gedung 7 Februari Kecamatan Kusan Hilir.

Adapun tema yang diambil dalam lomba adalah mewujudkan bersama kreativitas dan kemandirian masyarakat dalam memanfaatkan sumberdaya alam lokal.

Penggerak Swadaya Masyarakat dari Dinas PMD, Alipin menyampaikan kehadiran inovasi TTG selama ini dapat menjawab permasalahan dan kebutuhan dalam berbagai bidang yang ada di masyarakat.

Kehadirannya juga dapat dimanfaatkan masyarakat dengan mudah, memiliki nilai tambah dari segi ekonomi, juga ramah lingkungan.

Alipin menjelaskan, tujuan lomba itu adalah mendorong kreativitas dan inovasi di masyarakat, memasyarakatkan pemanfaatan TTG yang sudah ada untuk peningkatan produkltifitas dan perekonomian masyarakat, serta meningkatkan pemanfaatan TTG menuju keunggulan kompetitif daerah.

Dalam ajang itu juga diharapkan terjadi transfer ilmu dan keahlian antar pegiat TTG untuk peningkatan kualitas dan pendayaguaan TTG di masa akan datang dalam program pemberdayaan masyarakat di Bumi Bersujud.

Sebagai informasi, ada 6 peserta yang mengikuti lomba yang berasal dari 5 kecamatan dan 1 dari Politeknik Batulicin. Mereka menampilkan inovasi TTG seperti mesin pencacah pakan ternak, pemipil jagung, pembuat tusuk sate dan alat lainnya. (**/Red)