Kodim 1022 Tanah Bumbu Gandeng PT Jhonlin Baratama Permudah Akses Air Warga Dusun Tajur

Kodim 1022 Tanah Bumbu Gandeng PT Jhonlin Baratama Permudah Akses Air Warga Dusun Tajur

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Program TNI AD Manunggal Air, Kodim 1022/Tanah Bumbu bersama PT Jhonlin Baratama segera membangun tandon air di Dusun Tajur Desa Persiapan Gunung Meranti, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu.

Hal ini diawali dengan peletakan batu pertama oleh Komandan Kodim (Dandim) 1022/Tanah Bumbu Letkol Cpn Rahmat Trianto M. Si, M. Tr (Han), Rabu (25/5/2022) pagi.

Dalam kesempatannya 1022/Tnb Lektol Cpn Rahmat menyampaikan bahwa TNI AD Manunggal Air ini merupakan program yang diinisasi oleh KASAD untuk memperingati World Water Day atau Hari Air Sedunia dengan memberikan bantuan akses air bersih kepada masyarakat.

Dandim menyampaikan bahwa di Kabupaten Tanah Bumbu masih terdapat sejumlah wilayah dengan keadaan alam dan potensi wilayah yang sulit untuk menerima akses air bersih.

“Alhamdulillah kami bekerjasama dengan PT Jhonlin Baratama dibantu dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu untuk membuat tandon air sehingga air ini akan berguna bagi masyarakat sekitar khususnya di Dusun Tajur ini,” kata Rahmat.

Ia juga mengungkapkan bahwa program TNI AD Manunggal Air dibawah Kodim 1022/Tanah Bumbu ini bukan hanya di satu titik di di desa tersebut tetapi juga sepuluh titik di desa-desa lain yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Untuk sementara masih akses air ini masih digunakan untuk mandi saja, karena kita masih cek kadar PH-nya, untuk minum masih akan kami teliti lebih dalam oleh para tenaga ahli di laboratorium,” jelasnya.

Sementara itu Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Tenaga Ahli Bupati, Hamzah, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Kodim 1022/Tanah Bumbu dan PT Jhonlin Baratama atas sinergitas yang terbangun dalam membantu kesulitan masyarakat.

Dirinya mengungkapkan bahwa di Desa Persiapan Gunung Meranti khususnya di Dusun Tajur memang sangat sulit bagi masyarakat untuk memperoleh akses air bersih yang memadai.

“Selama ini masyarakat hanya memakai air hujan, jadi dengan bantuan Kodim 1022/Tnb dan PT Jhonlin Baratama ini masyarakat sangat bersyukur dan hal ini tentu memberikan manfaat yang sangat besar bagi masyarakat kami,” pungkasnya.

HRD PT Jhonlin Baratama, Yuli Eka Sari menambahkan bahwa estimasi anggaran yang dikeluarkan perusahaan untuk pembangunan tandon air ini adalah sekitar 20-30 juta rupiah dengan target pembangunan selama 1-2 minggu.

“Yang kita bangun nanti semacam tower, ada tandon air yang kemudian disambung dengan pipa, dari pipa inilah akan menyalurkan air ke titik-titik yang sudah dipersiapkan,” terangnya.

Turut berhadir dalam kegiatan ini Dandim 1022/Tanah Bumbu, Tenaga Ahli Bupati, pihak perusahaan PT Jhonlin Baratama, Kepala Desa Sungai Dua, Pjs. Kepala Desa Persiapan Gunung Meranti, serta tokoh masyarakat. (*/Red)

Share this Post :

Comments are closed.