Wadah Damai, Bupati Sambut Baik Kehadiran Rumah RJ Di Bumi Bersujud

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah menyambut baik kehadiran Rumah RJ (Restorative Justice) di Bumi Bersujud.

Hal ini disampaikan Bupati saat mendampingi Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan (Kajati Kalsel) sesaat setelah meresmikan Rumah RJ di Desa Wanasari, Kecamatan Sungai Loban, Selasa (14/06/2022).

“Alhamdulillah kita sangat bersyukur, kita mengucapkan terima kasih karena ini semakin membuat Tanah Bumbu semakin tentram dan damai,” kata Zairullah dalam keterangannya kepada wartawan.

Ia berharap program keadilan restoratif atau rumah RJ yang digagas oleh Kejaksaan Negeri Tanah Bumbu (Kejari Tanbu) ini bisa mengurangi perkara dan masalah hukum yang ada di lingkungan masyarakat.

“Tentu ini sangat berkaitan dengan Serambi Madinah, oleh karena itu kita doakan Pak Kajari dan kita akan terus dukung agar ada Rumah-Rumah RJ lain di Kabupaten Tanah Bumbu,” pungkas Bupati.

Hal senada juga disampaikan I Gusti Made Artawan selaku Kepala Desa Wanasari, yang menyampaikan bahwa masyarakat Desa Wanasari sangat antusias dan mendukung didirikannya Rumah RJ di desanya.

Menurutnya program Rumah RJ merupakan sebuah program yang luar biasa, dimana dapat menyelesaikan perkara atau permasalahan yang ada di masyarakat secara kekeluargaan tanpa harus dibawa ke ranah pengadilan.

“Mudah-mudahan di desa-desa lainnya dapat dibentuk rumah RJ karena manfaatnya sangat luar biasa untuk membantu mendamaikan masyarakat,” ucapnya. (*/Red)